Praktek Sambung Susu pada Tanaman Bougenville

daunijo.com- Cara sambung susu pada bougenville. Selain banyak diterapkan pada tanaman buah-buahan, cara sambung susu juga dapat diterapkan pada tanaman bunga. Jika pada tanaman buah teknik sambung susu bertujuan untuk mendapatkan buah berkualitas dan kecepatan usia berbuah, maka pada tanaman bunga lebih banyak dimaksudkan untuk tujuan menambah variasi warna atau variasi daun.

Variasi warna dengan teknik sambung sering ditemukan pada tanaman bougenville, bunga sepatu, adenium dan bunga wawar. Untuk variasi daun sering ditemukan pada tanaman dengan banyak varian warna dan corak daun seperti tanaman puring.

Macam-macam Cara Sambung Susu pada tanaman
Cara yang pertama adalah membiarkan kedua cabang yang disusukan tetap hidup tanpa pemotongan di sekitar bidang kontak kedua cabang. Bidang kontak berupa sayatan mendatar pada cabang dengan kedalaman hingga jaringan kayu.

Kedua permukaan ini kemudian disatukan dengan ikatan tali untuk beberapa lama hingga kedua cabang menyatu.

macam-sambung-susu1

Berikut ini praktek sambung susu yang dilakukan pada tanaman bougenville. Batang atas yang disambung diambil dari tanaman yang masih berada dalam polibag, sementara batang bawah diambil pada tanaman yang berada dalam pot. Pot dan polibag didekatkan sehingga memudahkan proses penyambungan.

sambung-susu-bougenville2

Pada metode kedua, pemotongan dilakukan pada batang bawah tanaman yang disusukan. Batang bawah dipotong tepat diujung akhir bidang kontak kemudian kedua batang disatukan dengan tali.

macam-sambung-susu2

Berikut ini praktek sambung susu tipe kedua yang dilakukan pada tanaman bougenvil atau bunga kertas. Pada pernyusuan pada tipe pertama perkembangannya dapat diamati dengan melihat perkembangan batang diujung bagian yang ditali dibagian atas.

sambung-susu-bougenville1

Untuk tipe kedua ini tidak begitu terlihat perkembangan yang terjadi karena ujung akhir kontak kedua batang tertutup oleh ikatan plastik.

Praktek sambung susu pada tanaman bunga kertas ini jarang dilakukan oleh praktisi kios bunga, selain agak ribet juga perlu waktu yang lebih lama untuk memastikan sambungan berhasil atau gagal. Pemilik kios-kios tanaman hias lebih banyak menerapkan sambung pucuk untuk mendapatkan berbagai variasi warna dan daun pada bunga bougenville dalam jumlah yang lebih banyak dan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *