Resep Pepes Ikan Bandeng Daun Kemangi

Daun kemangi selain sebagai lalapan mentah ternyata juga sedap jika dimakan matang dijadikan hijauan pepes bersama ikan bandeng. Dengan balutan daun kemangi dan parutan kelapa,  pepes ikan bandeng yang harum dapat menjadi lebih nikmat dan membangkitkan selera makan.

Bahannya cukup sederhana, sebagai bahan utama adalah satu ekor ikan bandeng, daun kemangi, dan parutan kelapa setengah tua. Jika anda penyuka makanan pedas tambahkan cabe rawit banyak-banyak.

Bumbu yang diperlukan:
– Bawang putih
– Cabe rawit
– Garam
– Vetsin
– Kemiri

Untuk takarannya sesuaikan saja dengan selera masing-masing. Yang suka pedas banyakin cabenya, mau lebih asin tambahin garamnya.

pepes-bandeng-kemangi1

Cara membuatnya cukup mudah setelah bumbu dihaluskan, aduk dengan parutan kelapa hingga merata, kemudian masukkan daun kemangi, pada adonan tadi dengan merata. Setelah ikan bandeng digoreng, siapkan bentangan daun pisang yang telah dibersihkan.

pepes-kemangi

Berikutnya taruh lapisan pertama dengan adukan daun kemangi dan bumbu parutan kelapa tadi, kemudian letakkan ikan bandeng goreng dan tutup lagi dengan adukan daun kemangi hingga seluruh bagian ikan tertutup. Lipat daun pisang dan tusuk kedua ujungnya dengan tusuk gigi atau lidi agar tidak lepas.

Terakhir adalah proses pengukusan sampai matang, bandeng goreng daun kemangi siap dihidangkan. Paling nikmat dimakan sama sambal dengan terasi dari Tuban atau Cirebon, maknyuss,..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *