Sebesar Ini Ukuran Ikan Lele yang Susah Dijual

daunijo.com- Tengah memulai beternak ikan lele? Ikan lele memang salah satu jenis ikan yang paling mudah dipelihara. Di kolam tanah, kolam tembok, hingga kolam ala kadarnya dari terpal atau plastik ikan ini dapat beradaptasi dengan baik. Dengan pakan yang baik, ikan ini akan tumbuh dengan cepat. Namun bukan berarti budidaya ikan lele ini tanpa kendala. Selain kendala teknis, masalah lain yang bisa muncul justru setelah saat tiba waktu panen.

Saat tiba waktu panen, sekian persen ikan mungkin bisa mencapai kisaran 20%, kurang atau lebih, akan berada di luar ukuran konsumsi. Ikan-ikan ini bisa jadi terlalu besar atau mungkin terlalu kecil dari ukuran konsumsi. Umumnya ikan lele ukuran konsumsi adalah dalam 1 kg terdiri 8 hingga 10 ekor ikan, atau 8 hingga 12 ekor ikan. Di sebagian daerah ikan lele yang diluar konsumsi akan memiliki harga jual sedikit lebih rendah dari ikan ukuran konsumsi. Bagaimana dengan yang 20% ini?

Sebagian peternak hanya menjual ikan konsumsi dari kolam saja dan mengambil sisanya untuk dipelihara lagi. Masalah akan muncul saat jatah pakan yang diberikan pada ikan-ikan dengan ukuran tanggung ini terasa boros dan membengkakkan anggaran. Ikan lebih besar, tentu makannya juga lebih banyak.

Masalah berikutnya para pedagang atau pengepul ikan lele umumnya tidak berminat jika hanya ditawarkan khusus untuk membeli ikan-ikan berukuran tanggung, 4-5 ekor sekilonya ini. Ikan sebesar ini sebenarnya tidak terlalu besar untuk konsumsi di warung makan, namun secara perhitungan akan merugi. Sementara untuk industri lain, ikan masih terlalu kecil. Olahan ikan lele lain seperti abon, atau keripik lele membutuhkan ikan dalam ukuran yang cukup besar. Terkecuali anda telah memiliki jangkauan yang cukup luas seperti tempat-tempat pemancingan ikan, hingga tidak kesulitan menjualnya.

Dari beberapa pengepul ikan yang dihubungi untuk ditawari ikan seukuran ini, sebagian menjawab bahwa stok mereka masih cukup banyak untuk ukuran demikian. Mereka umumnya akan membeli ikan dalam ukuran konsumsi atau sekalian ikan lele yang berukuran “jumbo“ atau super besar. Karena ikan-ikan seukuran demikian hanya akan dibesarkan lagi di kolam mereka baru akan laku di pasaran lagi setelah benar-benar besar.

Pedagang pengepul ini hampir pasti masih memiliki stok ikan ukuran serupa yang diperoleh dari kolam-kolam langganannya dalam jumlah cukup banyak. Seorang pengepul bercerita memiliki stok ikan tanggung ini hingga hampir 3 ton di kolamnya yang masih harus dibesarkan lagi.

Saat panen terakhir baiknya seluruh ikan dihabiskan saja tanpa sisa. Entah langsung ikut dijual ke pengepul langganan saat panen itu atau dikonsumsi sendiri sambil sebagian dibagikan kiri kanan. Selain memudahkan perhitungan untung-rugi, kolam bisa segera diisi dengan bibit yang baru. Umumnya para pedagang ikan ini mau juga mengambil seluruh ikan dalam satu kolam tentunya dengan perhitungan harga yang tersendiri.

Atau jika Anda suka hobi memancing ikan, gunakan saja untuk latihan mancing sambil refreshing dari pada mancing di kali tak dapat-dapat.

One thought on “Sebesar Ini Ukuran Ikan Lele yang Susah Dijual

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *