Zodia Tanaman Penolak Nyamuk yang Disukai para Semut

daunijo.com- Selain tanaman lavender ada tanaman lain yang juga terkenal sebagai pengusir nyamuk. Tanaman itu adalah tanaman zodia, tanaman asli dari Indonesia khususnya di Papua di mana tanaman ini banyak tumbuh liar. Pohonnya yang tidak terlalu besar memudahkan untuk ditanam dalam pot atau polibag. Kemampuan Zodia sebagai pengusir nyamuk tidak lepas dari kandungan senyawa yang ada dalam daunnya.

Dilansir dari wikipedia, tanaman ini memiliki nama ilmiah Evodia suaveolens yang termasuk ke dalam famili tanaman Rutaceae. Dalam famili Rutaceae ini termasuk di dalamnya aneka tanaman jeruk. Daunnya berwarna hijau kekuningan dengan bentuk yang runcing memanjang namun tidak terlalu lebar. Bau harum yang khas dari tanaman ini dapat dideteksi secara langsung dari dekat tanpa peremasan daun atau bunganya.Untuk bau yang lebih kuat, anda bisa mencoba untuk meremas daunnya. Aroma harum tanaman ini muncul baik pada daun yang masih berwarna hijau muda maupun yang telah berwarna hijau tua.

Batang tanaman muda akan berwarna hijau. Batang yang sudah tua memiliki warna kulit mirip batang tanaman kemuning atau kawista. Bunga tanaman ini berwarna putih kekuningan sekilas mirip dengan bunga tanaman kelengkeng. Tiap rumpun bunga hanya memiliki satu tangkai yang keluar dari batang tanaman di atas ketiak daun. Tanaman ini juga memiliki buah berbentuk telur dengan ukuran kecil-kecil.

Untuk memperbanyak tanaman zodia, cara yang mudah adalah dengan setek batang. Selain setek batang, dari biji tanaman ini dapat tumbuh bibit-bibit zodia yang baru yang siap ditanam. Kurang dari ketinggian 30 cm, tanaman zodia dari setek sudah dapat menghasilkan bunga.

Tanaman pada saat berbunga seringkali mengeluarkan aroma tertentu yang dapat menarik aneka jenis serangga untuk datang. Termasuk tanaman zodia. Meski terkenal sebagai repellant yang tidak disukai serangga nyamuk, semut merah dari jenis semut gramang ternyata cukup tertarik dengan tanaman ini. Yang dituju adalah bunga tanaman yang sedang mekar.

Semut yang datang ini bisa jadi dapat membantu penyerbukan pada bunga tanaman zodia jadi tidak perlu disemprot dengan pembasmi hama. Jenis semut yang sama juga banyak ditemukan singgah pada bunga apel india pada lokasi yang berdekatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *