Tabulampot Terung yang Berbuah Tomat

Tabulampot dari jenis sayuran berbuah ini merupakan hasil dari praktek sambung pucuk yang beberapa waktu yang lalu telah berhasil dilakukan. Awalnya sambung pucuk terung-tomat ini dimaksud untuk membuat tanaman buah kombinasi. Satu tanaman dengan dua jenis buah sekaligus terung dan tomat.  Dalam pertumbuhannya batang tomat tumbuh semakin besar sementara tunas terung yang ditunggu tidak kunjung muncul.

Berbuah Juga
Pertumbuhan batang tomat setelah dipindahkan ke pot yang besar tampak cukup cepat. Dua buah cabang utama dibiarkan tumbuh dan telah tinggi. Sayangnya hama kutu putih dan kutu hijau membuatnya daun-daun tomat yang ada  keriting dan sebagian tumbuh melengkung.

Namun begitu umur 12 hari setelah pindah tanam, bunga-bunga yang muncul telah mekar berwarna kuning. Empat lima hari kemudian buah-buah tomat muda sebesar biji tasbihpun mulai kelihatan menghiasi beberapa tangkai bunga. Jadilah tanaman terung yang berbuah tomat.

Terlalu Pendek
Sambung pucuk tomat dan terung ini diambil pemotongan batang bawah belasan cm saja dari atas tanah. Saat proses sambung tunas-tunas terung yang muncul dari bawah sambungan telah habis dipangkas. Nampaknya agak susah untuk tumbuh lagi dengan cepat.

tabulampot-terung-berbuah-tomat

Tunggu Cabang Utama
Tanaman terung umumnya saat mulai berbunga pada pucuk tumbuhnya akan membelah menjadi dua cabang utama. Dua cabang ini masing-masing berukuran diameter hampir sama besar. Lain hari bisa dicoba sambung pucuk pada salah satu dari cabang utama ini untuk batang tomat. Satu cabang lagi dibiarkan tetap tumbuh agar bunganya menjadi buah.

Dari dua cabang utama ini diharapkan satu dapat berbuah terung dan satu lagi menghasilkan buah tomat.

Perawatan
Tanaman yang awalnya berada dalam polibag, segera dipindah ke dalam pot setelah sambungan berhasil dilakukan. Dengan pot yang baru ini volume media tanam menjadi lebih banyak. Siraman air, dan pemberian pupuk. Untuk pupuk diberikan kotoran kambing yang telah lama dan kering.  Pot ditempatkan di area yang mendapat banyak sinar matahari.

buah-masih-kecil-terung-tomat
Pindah tempat panas

Katanya sih, setelah disambung seperti ini usia tomat jadi sedikit lebih panjang dan buahnya lebih besar. Mungkin.

terong-tomat-berbuah-matang

Buah tomat hasil sambung terong mulai pada matang. Di praktek ini sih buah tomat yang dihasilkan tidak terlalu jauh berbeda ukurannya dengan tanaman tomat yang yang sejenis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *