Tanam Kangkung dalam Pot Bonsai

Selain ditanam untuk keperluan ekonomis di sawah, ladang atau kebun, menanam kangkung dapat dilakukan di dalam pot untuk keperluan hiasan rumah. Ditunjang dengan bentukĀ  dan warna pot yang cantik, tanaman kangkung dapat anda jadikan hiasan rumah di dalam pot bonsai. Berikut aktivitas menanam kangkung dalam pot bonsai yang dapat anda lakukan.

Menyiapkan Pot dan Media Tanam 2 : 1 : 1 Vs 1 : 1 : 1
Siapkan pot yang biasa untuk menanam bonsai, dapat membuat sendiri atau bisa membeli di nursery pinggir jalan untuk mendapatkannya. Pot-pot untuk bonsai dijual dengan harga bervariasi mulai dari puluhan ribu rupiah hingga ratusan ribu, tergantung desain dan corak yang ditawarkan.

Dapat dipilih pot berbentuk segi banyak denganĀ  kedalaman media sedang. Jangan pilih pot yang terlalu dangkal karena media yang ditampung terlalu sedikit sehingga pertumbuhan kangkung tidak akan optimal. Disini diambil dua pot sekaligus untuk perbandingan hasil dua macam komposisi media tanam.

Media tanam pada pot pertama dibuat dari komposisi tanah hitam humus, pupuk kandang dan sekam bakar dengan perbandingan 2 : 1 : 1 sedangkan untuk pot kedua dicoba dengan variasi komposisi yang lain yaitu dengan perbandingan bahan 1 : 1 : 1. Semua bahan tersebut kemudian diaduk hingga rata lantas dimasukkan ke dalam pot.

komposisi-media-kangkung

Jangan lupa memastikan potnya memiliki lubang karena pot yang baru dibeli seringkali lubangnya belum terbuka. Tutup lubang pot dengan steroform atau bahan lain seperti pecahan genteng, arang atau lempengan batu agar media tidak tumpah ke bawah namun air tetap bisa meresap turun keluar dari pot agar tidak tergenang.

Menyiapkan Bibit Tanaman
Jenis kangkung yang akan ditanam adalah kangkung darat. Kangkung yang dipelihara hingga usia tua akan berbunga dan akhirnya menghasilkan biji. Jika tidak memiliki bibit kangkung sendiri, di toko-toko pertanian banyak dijual bibit kangkung darat dengan harga cukup murah.

Menanam dan Merawat Kangkung darat dalam Pot
Letakkan biji dalam lubang-lubang yang sebelumnya dibuat dengan jari pada media tanam. Satu lubang satu biji saja. Penanaman biji jangan terlalu banyak, agar tidak terlalu berebutan makanan, namun juga jangan terlalu jarang, agar kesan rimbun tetap dapat dihadirkan. Siram media dengan air perlahan-lahan, agar biji tidak berubah posisi dari lubang-lubang.

kangkung-pot-umur-5
Kangkung dalam pot umur 5 hari tanam.

Lakukan penyiraman dengan teratur. Setelah tumbuh tempatkan pot di bawah sinar matahari langsung. Pot yang kurang sinar matahari, menyebabkan tanaman tumbuh kecil-kecil dan memanjang. Tanaman kangkung mulai tumbuh besar usia 15 hari setelah tanam.

kangkung-pot-15-hari-setelah-tanam

Tidak terlihat perbedaan yang mencolok antara pot dengan media 2 : 1 : 1 dan 1 : 1 : 1 selain tekstur media tanam dengan tanah lebih banyak menjadi lebih keras.

Demikian tulisan tentang menanam kangkung dalam pot bonsai yang dapat dijadikan tambahan hiasan rumah sekaligus untuk keperluan sayur di dapur. Tanaman kangkung dalam pot dapat di panen beberapa kali jika pemanenan dilakukan dengan cara dipetik dan bukan dicabut. Dari sisa batang yang dipetik tadi akan tumbuh lagi tunas baru untuk dipanen di periode kedua.

 

One thought on “Tanam Kangkung dalam Pot Bonsai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *