Cara Membuat Briket dari Arang Sekam Padi

daunijo.com- Cara pembuatan briket sekam padi. Limbah padi berupa sekam banyak tersedia di daerah-daerah lumbung padi. Selain banyak dimanfaatkan untuk media tanam, sekam padi dapat dijadikan alternatif energi dengan teknologi yang sederhana dapat dijadikan briket bahan bakar. Selain murah bahan bakar briket arang sekam juga mudah dibuat dan memiliki peluang ekonomis cukup baik.

Pembuatan briket arang sekam memerlukan dua proses tahapan. Proses pertama adalah pembuatan arang sekam padi. Proses ini akan dilanjutkan dengan proses pengolahan arang sekam menjadi briket bahan bakar. Untuk proses pembuatan arang dari sekam padi untuk briket sama dengan pembuatan arang sekam untuk media tanam yang dapat dibaca pada artikel terdahulu, cara membuat media dari arang sekam padi. Harga sekam mentah jauh lebih murah dari sekam yang matang, adakalanya malahan gratis saja.

Bahan dan peralatan yang diperlukan untuk membuat briket sekam sebagai berikut:
1. Arang sekam padi
2. Tepung kanji
3. Ember atau baskom
4. Cetakan briket sekam
5. Papan untuk penjemuran

Tepung kanji adalah tepung yang dibuat dari ketela pohon atau singkong. Kanji mudah dibeli dipasar-pasar atau toko bahan makanan. Dalam pembuatan briket arang sekam, tepung kanji berfungsi sebagai lem perekat.

Cetakan briket arang sekam dapat dibuat sendiri, dari papan kayu, pipa pralon atau dari tabung bambu. Briket yang dicetak dengan buluh bambu berbentuk silinder, sedangkan cetakan dari papan kayu dapat berbentuk balok atau kubus. Selain bahan di atas, pencetakan dapat dilakukan dengan gelas plastik aqua atau gelas plastik bekas puding, berdasarkan pengamatan cetakan gelas plastik  ini lebih mudah saat melepas briket dari cetakan.

cetakan-briket-arang-dari-bambu

Langkah pembuatan briket arang sekam
Campurkan  tepung kanji dan air panas dalam ember besar  kemudian aduk hingga rata hingga menjadi adonan lem yang lengket. Adonan ini akan merekatkan butiran-butiran sekam hingga menyatu saat dicetak. Jika air terlalu panas dan langsung dicampurkan dengan tepung kanji kering biasanya sebagian tepung tidak tercampur dengan baik, nampak seperti gumpalan-gumpalan putih di antara adonan lem.

lem-kanji-yang-gagal
Lem kanji kurang sempurna, akibat tepung yang langsung disiram air panas.

Agar keduanya tercampur dengan baik, tepung kanji bisa dilarutkan dulu sebelumnya dengan sedikit air dingin hingga rata seperti santan. Baru kemudian sedikit demi sedikit dituangkan air panas sambil diaduk. Dengan cara ini hasil lem kanji akan lebih rata dan bagus.

Siapkan sekam padi yang sudah diproses menjadi arang terlebih dahulu. Campurkan adonan lem kanji tadi  dengan arang sekam padi  dengan perbandingan 1 : 7, aduk hingga merata. Untuk mendapatkan tekstur briket yang halus, arang sekam bisa ditumbuk terlebih dahulu.

Langkah berikutnya adalah pencetakan briket. Masukkan adonan ke dalam cetakan bambu atau papan kayu. Padatkan adonan dengan tekanan tangan atau bantuan kayu. Setelah dikeluarkan dari cetakan, tempatkan di papan penjemuran, atur dengan rapi.

Langkah terakhir adalah langkah pengeringan. Jemur briket yang masih basah ini di panas matahari hingga kering. Penjemuran bisa memakan waktu beberapa hari, pastikan hasilnya benar-benar kering. Setelah kering briket siap dikemas atau digunakan.

Cara Menyalakan Briket Sekam Padi.
Untuk menyalakan briket sekam padi sama dengan cara menyalakan arang. Buat api dari potongan kayu-kayu kecil dibantu dengan bahan starter lain yang mudah terbakar seperti kertas atau sabut kelapa. Setelah menyala, tambahkan briket ke dalam api sedikit demi sedikit.

nyala-briket-arang-sekam

Konsumen pengguna briket sekam padi lebih banyak datang dari para pemilik usaha kecil menengah, sementara skala rumah tangga untuk memasak harian jarang menggunakan briket sekam karena proses penyalaan yang kurang cepat dibandingkan kompor gas atau kompor listrik.

7 thoughts on “Cara Membuat Briket dari Arang Sekam Padi

  1. amin budiono

    untuk briket sekam padi kira-kira waktu nyalanya bertahan berapa lama, mohon balasannya…terimakasih.

    Reply
  2. daunijo Post author

    dari praktek ini briket dengan cetakan potongan pipa pralon 2 inchi dan tinggi 3 cm baranya dapat bertahan lebih dari 30 menit mas, penyalaan dengan sesekali pengipasan..

    Reply
  3. Uceng

    Salam. Mohon maaf kami ingin ijin untuk berpromosi.
    Bagi para pecinta tanaman,,,
    kami Jual Arang Sekam Murah yang memberikan manfaat yg besar pada pertumbuhan tanaman. Arang Sekam sangat baik sebagai media tanam, khususnya tabulampot karena bisa meningkatkan porositas media tanam/tanah.

    Selain itu Arang sekam juga menjadi media tanam organik untuk sistem hidroponik.
    Jika berminat silahkan hubungi kami melalui FB: Workshop Arang Sekam Galesong

    Reply
  4. Dewa Agung Lesmana

    Numpang nawarin gan,. didaerah kami lg musim panen banyak bahan baku sekam (kulit padi/dedak kasar) maka, jika ada yg berminat dipersilahkan hubungi HP : 081911335407 atau 082118965715… mkch

    Reply
    1. daunijo Post author

      Kl briket ini utk bahan bakar memasak, tdk utk media tanam. Kl yg sekam padi utk media setelah jd sekam bakar lgsung bisa digunakan utk media tanam hidroponik dgn wadah gelas plastik misalnya. Kl utk tanam biasa dlm pot atau polibag dipakai utk campuran media tanah dan kompos.

      Reply
  5. Sobari

    sudah adakah kompor yg menggunakan arang sekam padi itu….? dan klo bleh tahu berapa harga per KG nya… thanks.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *