Segarnya Sayur Bening dari Daun Kelor

Cara membuat sayur bening daun kelor. Biasanya sayur bening dibuat untuk konsumsi di kala waktu makan siang. Cuaca yang panas membuat sayuran dengan bumbu ringan terasa segar dikerongkongan. Sayur bening ini dari segi cara dan bumbu tidaklah istimewa, sama seperti sayur bening lainnya. Yang membedakan adalah bahan hijauannya yaitu digunakan daun kelor, tentunya daun-daun yang masih berusia muda.

Untuk membuat sayur bening dari bahan daun kelor ini tidaklah susah, sama saja seperti membuat dengan bahan lain yang biasa dijual di pasar atau toko seperti sayur bayam.

Petik daun kelor dari kebun rumah seikat saja dan pilih yang masih muda. Kemudian siapkan bumbu-bumbunya.

Bumbu bahan
-Seikat daun kelor
-Bawang Putih
-Bawang Merah
-Gula Pasir

daun-kelor-sayur

Hanya tiga bahan itu saja, karena akan dibuat sayur bening dengan rasa ringan yang segar. Petik daun kelor dari tangkainya, beberapa genggam. Daun yang telah tua dan tangkainya tidak perlu diikutkan. Jangan lupa cuci dengan air bersih setelah selesai dilakukan pemetikan daun.

Cara Memasak
Kupas bawang putih dan bawang merah, kemudian iris dengan ukutan tipis-tipis dan tidak perlu ditumbuk. Setelah itu siapkan api dan rebus air dalam panci, jumlahnya sesuaikan dengan kebutuhan saja.

Setelah air mendidih masukkan bahan-bahan yang telah disiapkan tadi, daun kelor, bawang merah, bawang putih dan kemudian gula pasir.

Aduk perlahan-lahan agar rata dan sayur bening daun kelor pun matang siap disajikan di meja anda.

sayur-bening-daun-kelor

Tampilan sayur setelah matang kuah yang bening kehijauan dengan warna hijau daun kelor diseling dengan warna putih dari irisan bawang putih dan bawang merah.

Agar pohon kelor  rajin menghadirkan daun-daun muda untuk bahan sayur,  pangkas ranting dan daun kelor  secara berkala.

Tampilan pohon kelor yang sering dipangkas, batangnya pendek hingga mudah untuk dipetik, dan ranting dan daun  rimbun muda-muda.

daun-kelor-rimbun

Jika anda memiliki  beberapa pokok pohon kelor di pekarangan, pemangkasan dapat dilakukan dengan berselang-seling dengan selisih waktu tertentu, sehingga selalu tersedia daun muda dari beberapa pohon yang berbeda.

Selain daunnya, buah tanaman ini yang berbentuk seperti kacang-kacangan berpolong juga sering dijadikan bahan sayuran. Rasanya tidak kalah nikmat dengan daunnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *