Cara Tanam Selada Hijau Akuaponik Pipa Pralon

Aneka jenis selada, dari selada hijau hingga selada merah dapat anda pilih untuk dijadikan pengisi instalasi akuaponik yang anda buat. Dibandingkan tanaman sawi yang pernah dicoba ditanam cara akuaponik, selada hijau ini terlihat lebih subur dan dengan penampilan yang lebih menarik. Agar lebih cepat pertumbuhannya, bibit selada dapat ditumbuhkan pada persemaian rocwool baru kemudian dipindah setelah agak besar. Bertanam sayuan secara akuaponik selain mudah juga murah karena tidak perlu membeli nutrisi hidroponik.

Cara Tanam
Penanaman selada hijau secara akuaponik ini sama saja dengan tanam secara hidroponik. Hanya saja untuk nutrisi diganti dengan air kolam yang dialirkan dalam pipa-pipa. Dalam praktek ini tidak ada perlakuan khusus pada air kolam sebelum dipompakan ke pipa, langsung saja.

Hanya saja tambahan probiotik diberikan pada saat pemberian pakan ikan agar kotoran dan sisa-sisa bahan organik dalam kolam mudah terurai menjadi nutrisi tanaman.
Bibit yang sudah disiapkan dan telah tumbuh daun-daun sejatinya mulai dapat dipindah dalam netpot-netpot. Untuk akuaponik dapat dipilih media yang dapat dipakai banyak kali, yaitu pecahan genting atau batu kerikil. Media ini selain murah juga dapat dipakai ulang setiap kali habis panen.

tanam-selada-hijau-akuaponik

Bibit selada dalam media genteng.

Untuk variasi dengan hasil bagus dapat juga anda gunakan media tanam arang sekam. Gambar di bawah selada umur 20an hari setelah tanam.

selada-akuaponik-media-arang-sekam

Selada akuaponik, media arang sekam.

Sehat
Meskipun sedikit lambat pertumbuhannya dibandingkan selada dengan nutrisi abmix,  selada terlihat cukup sehat. Perawatan bertanam selada secara akuaponik lebih mudah karena tidak perlu repot dengan pembuatan dan penggantian nutrisi seperti tanaman hidroponik.

selada-akuaponik-25-hari

Nutrisi tanaman akuaponik selada ini tercukupi dari kotoran ikan dan sisa-sisa pakan yang telah terurai. Jika selada yang ditanam terlalu kurus dan kurang sehat, kemungkinan jumlah ikan yang dipelihara terlalu sedikit, hingga kepekatan nutrisi kurang terpenuhi.

Instalasi pemasangan pipa di atas kolam dapat dilihat pada artikel sebelumnya.

Tanpa Sumbu
Selada akuaponik dalam gelas mineral bekas ini tidak perlu repot-repot memasang sumbu. Sumbu dari kain sering dipasang pada sistem rakit apung pada bak plastik, atau nft pada pipa hidroponik saat akar tanaman belum mampu menjangkau lapisan aliran nutrisi di bawahnya.

Sistem air dalam yang mengalir pada akuaponik pipa ini mampu menjangkau media tanam dengan baik hingga tidak perlu bantuan sumbu. Syaratnya gunakan gelas yang cukup panjang minimal 3/4 dari diameter pipa pralon yang digunakan sehingga gelas plastik tidak menggantung di atas permukaan aliran air.

Kering dan Busuk
Jika sebagian bibit yang ditanam mati mengering, pertanda aliran air terlalu rendah hingga tidak dapat merambat melalui media. Ini biasa terjadi jika digunakan media arang kayu atau pecahan genting yang berukuran agak besar.

Sebaliknya jika tanaman banyak yang busuk menandakan penanaman terlalu ke bawah, hingga batang tanaman banyak terendam air. Sebagian tanaman tidak kuat jika batangnya terendam dalam air hingga membusuk.

4 thoughts on “Cara Tanam Selada Hijau Akuaponik Pipa Pralon

  1. Mario

    om maaf numpang tanya itu media arang sekam nya terendam berapa cm didalam air? terus sore hari klo dipegang media tanam yang paling atas kering banget ato lembab?
    saya gagal terus aquaponik selada dan sawi,,pasti ketika setelah pindah tanam batang bagian bawah seperti menghitam kemudian layu sawi dan seladanya,,bayam dan kangkung subur.

    Terima kasih sebelumnya

    Reply
  2. daunijo Post author

    terendam 2 hingga 3 cm kalau air sedang ngalir mas, media atasnya basah. Bisa dicoba sawi/selada ditanam di netpot dulu di taruh di tempat tersendiri yg agak teduh dulu beberapa hari. Kl sdh mulai tanda2 hidup baru dipindah ke pipa mas,.. Sawi/selada pindahan kadang tak kuat kena panas langsung mas.

    Reply
  3. Retnowati

    Selamat siang..mau tny nih..sy kebetulan sedang menanam slada & sawi sistem aquaponik.awalnya tumbuh dgn subur tetapi setelah 3 minggu daunnya tdk hijau cenderung pucat dan tanaman jdi kurus..kebetulan musim hujan jdi sy pindahkan paralon dan pompa ke garasi, air kolam sy tampung di ember besar 2 hari sekali sy ganti airnya ngambil dri kolam ikan..tolong masukan dan sarannya…Terima kasih.

    Reply
  4. daunijo Post author

    Siang mbk Retno.. Kmgkinan krg sinar mbk, sama kl air diam ini bagian atasnya kl sy tak salah biasanya lbh bening dr yg bawah jd nutrisi agak krg, kl air kolam ini kl tak salah trmsk campuran yg heterogen. Kl msh pakai pompa kmgkn lain konsentrasi nutrisi dari air kolamnya krg, bisa dkasih tambahan pupuk aja di netpotnya mbk..kompos ato pupuk kandang.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *