Cara Menanam Seledri Sistem Akuaponik pada Kolam Ikan

Seledri atau daun sop ini ditanam pada botol gelas plastik bekas dengan cara aquaponik aliran air dalam pada kolam ikan lele. Pipa pralon dan aliran air kolam yang digunakan sama dengan kontruksi yang pernah dicobakan pada tanaman kangkung belum lama. Bibit tidak disemaikan langsung di netpot gelas namun hasil pindahan dari semai di media tanah. Meskipun belum kelihatan besarnya nanti seperti apa, sejauh ini tanaman seledri dapat tumbuh dengan baik dan terlihat cukup sehat.

Bibit Seledri
Bibit seledri dapat berasal dari persemaian biji, atau batang anakan dari tanaman yang sudah ada. Sebagian tanaman seledri akan menghasilkan tanaman baru disekelilingnya yang bisa dijadikan bibit baru. Atau, tanam seledri yang dibeli dari pasar yang masih mengandung bonggol batang tempat keluarnya akar. Khusus yang terakhir, baiknya daunnya dipangkas saja.

Media dan pindah tanam
Umumnya media tanam untuk akuaponik adalah pecahan genting, arang kayu, batu alam zeolit, bata merah atau pecahan batu. Pada praktek tanam seledri cara akuaponik ini dicoba beberapa media tanam, pecahan genting, arang kayu dan sekam bakar.

Sebelum ditempatkan di jalur tanam pada pipa-pipa pralon di atas kolam, bibit-bibit ditanam dulu pada media tanam dalam gelas plastik yang telah diberikan lubang-lubang.

Penyemaian seledri umumnya tumbuh bergerombol dengan akar-akar saling menempel satu sama lain. Penanaman dengan mengikutkan media lama akan sedikit susah, praktis setelah saling dipisahkan tinggal akarnya saja tanpa terikut media semai.

Untuk kondisi ini baiknya tanaman tidak langsung ditempatkan di dalam pipa yang terkena matahari langsung, kemungkinan besar banyak yang mati. Pot-pot ini bisa ditempatkan dalam bak-bak plastik sambil diberi air dibawahnya. Sedikit tinggi tidak mengapa terutama untuk penggunaan media genting atau arang kayu karena kapilaritasnya yang kurang bagus akibat banyaknya rongga-rongga di sela media. Setelah beberapa hari pengadaptasian, barulah pot-pot ini ditempatkan di kontruksi instalasi akuaponik di atas kolam.

persiapan-tanam-seledri-akuaponik

Sekam Bakar Lebih Baik

Untuk penanaman dengan cara pindah bibit dari persemaian, penggunaan arang sekam terlihat lebih baik hasilnya dibandingkan media pecahan genting ataupun arang kayu. Beberapa tanaman di media genting dan arang kayu banyak yang gagal beradaptasi sehingga tidak hidup. Kemungkinan penyebabnya adalah air kolam yang dialirkan di jalur pipa gagal mencapai perakaran tanaman karena posisi tanam yang agak ketinggian, terlihat dari media genting sebagian atas yang kering hingga akar tanaman saat dibongkar.

Untuk media sekam bakar, meskipun di tanam agak tinggi bagian atas media tetap basah karena air dapat naik ke atas dengan baik melalui media sekam ini.

seledri-akuaponik-umur-20-hari

Photo gambar selederi akuaponik usia 20 hari setelah pindah tanam. Tumbuh terlihat cukup lumayan pada media sekam bakar.

Pupuk Limbah Filter Air
Seledri pada netpot paling tengah dicoba diberikan toping pada medianya berupa sisa padatan berbentuk lumpur dari kolam lele. Lumpur diambil dari padatan yang mengendap pada dasar filter air yang dipasang sebelum air masuk ke jalur pipa. Lumpur pekat ini kemudian disiramkan merata pada lapisan atas media arang sekam. Awalnya tambahan pupuk lumpur ini dikhawatirkan membuat tanaman mati. Ternyata tanaman dapat tumbuh lebih baik dari yang lain.

seledri-akuaponik-dewasa

Seledri akuaponik, siap petik.

Hama
Biasanya tanaman seledri langganan hama kutu kecil hijau. Kali ini ada juga ulat yang mampir, melihat warna dan bentuknya mirip dengan ulat yang menyerang tanaman sawi. Kedua kelompok tanaman memang ditanam pada instalasi yang sama dan berdekatan jaraknya.

ulat-daun-seledri

Ulat tanaman seledri.

Perlu Lubang Lebih Besar
Dalam pembuatan netpot gelas plastik aqua ini, baik dibuat lubang-lubang yang agak besar. Dari praktek ini, lubang yang terlalu sempit suatu ketika mudah tertutup oleh lumut atau pekatan lumpur sehingga air susah masuk dalam gelas. Lain dengan tanaman kangkung yang akarnya cepat keluar menembus lubang netpot, tanaman seledri ini akarnya lambat keluar. Akibatnya tanaman menjadi layu, bukan karena panas matahari di siang hari namun karena air yang tersumbat untuk masuk dalam netpot.

seledri-akuaponik-setengah-meter

Seledri akuaponik dalam tampilan optimalnya

Panjang tangkai daun seledri akuaponik ini dari pangkal hingga ujung bisa mencapai 40 cm hingga 50 cm, dengan tangkai yang kokoh.

Kepekatan nutrisi Air Kolam
Instalasi akuaponik ini dipasang pada kolam ikan dengan ukuran 2 m x 4 m, tinggi air 40 cm – 50 cm dan jumlah ikan lele sekitar 1500 ekor. Ikan diberi pakan 3 kali sehari. Ketinggian aliran air pada pipa pralon 3″ yang digunakan 1/2 – 3/4 dari diameter pipa. Warna air coklat pekat. Pompa air akuarium dengan daya listrik 33 watt dipasang pada pagi hingga sore saja, malam hari pompa selalu dimatikan jika sempat dan tidak lupa,..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *