Tanam Bayam Merah Akuaponik Gelas Plastik

Selain kangkung dan sawi, tanaman yang cocok dibudidayakan dengan cara akuaponik adalah bayam merah. Bayam merah banyak dicari terutama karena khasiatnya terkait kesehatan sistem darah padah tubuh manusia. Meskipun tumbuh agak lambat pada awalnya, bayam merah yang ditanam pada akuaponik kolam ikan lele ini dapat tumbuh dengan cukup baik akhirnya.

Gelas Plastik
Bayam merah ini ditanam pada gelas-gelas plastik bekas minuman yang dipadukan dengan media sekam bakar dan pecahan genting. Gelas-gelas yang sudah ditanami bayam pindah tanam ini kemudian diletakkan dalam lubang-lubang pipa yang dibuat di atas kolam.

Air kolam kemudian dialirkan ke dalam pipa dengan dipompa menggunakan pompa akuarium. Cara pembuatan instalasi akuaponik pipa dalam dapat dilihat pada artikel sebelumnya, Cara Menanam Kangkung Akuaponik pada Kolam Lele Terpal.
tanam-bayam-merah-akuaponik

Dari beberapa netpot bayam merah yang coba ditanam, tanaman yang berada pada sekam bakar terlihat lebih cepat beradaptasi. Dengan usia yang hampir sama bayam merah dengan media arang sekam ini tampak jauh lebih besar dibanding bayam merah dalam media pecahan genting.

bayam-merah-akuaponik-20-hari

Bayam merah akuaponik umur 20 hari setelah ditanam. Paling kiri dengan media sekam bakar, dua yang lain dengan media pecahan genteng rumah.

Lambat
Secara umum tanaman-tanaman ini tumbuh agak lambat karena berasal dari bibit yang sebelumnya disemai di tempat terpisah. Kemungkinan pertumbuhan tanaman akan lebih cepat lagi jika dicoba untuk tebar benih langsung pada media dalam netpot. Tidak rugi beberapa hari waktu untuk adaptasi yang membuat tanaman mandeg pertumbuhannya untuk sementara waktu.

bayam-merah-kolam-lele

Bayam merah umur hampir satu bulan. Tumbuh cukup subur seperti ditanam di atas tanah saja. Pompa air harus rajin-rajin dibersihkan dari sumbatan kotoran agar aliran air ke dalam pipa tetap terjamin dengan lancar.

Gambar photo di atas tanaman bayam merah media arang sekam dengan lapisan toping pupuk dari lumpur sisa limbah kolam lele. Setiap netpot ditanami lebih dari satu bibit pada satu gelas agar batangnya tidak tumbuh terlalu besar.

Bayam merah yang ditanam secara tunggal dan cukup subur dapat tumbuh besar hingga tinggi satu meteran dan batang tanaman dapat mencapai sebesar ibu jari tangan. Tanaman dengan profile seperti itu baik untuk dijadikan penghasil benih biji bayam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *