Cara Sambung Pucuk Cempedak dengan Batang Bawah Nangka

daunijo.com- Dari beberapa jenis tanaman yang telah dipraktekkan untuk sambung pucuk dengan hasil hidup adalah mangga, alpukat, bougenville, cepokak, tomat, singkong karet, dan terung. Kali ini dicoba untuk melakukan sambung pucuk dengan sumber entres atas tanaman cempedak yang berbuah lebat dan manis. Sambungan digunakan batang bawah nangka yang belum begitu besar batangnya.

Bahan dan alat yang disiapkan di antaranya adalah pisau silet, tali rafia dan kantong plastik. Sementara untuk batang bawah telah siap bakal tanaman nangka dari biji yang ditanam beberapa bulan sebelumnya. Untuk batang atas diambil dari tanaman cempedak yang bagus dan seringkali berbuah lebat plus manis.

Di bawah ini adalah gambar batang bawah untuk praktek sambung pucuk ini. Diameter batang kurang lebih baru seukuran pensil sekolah.

batang-bawah-cempedak

Batang bawah yang telah dipotong dengan silet. Siletnya masih baru sehingga cukup bersih. Setelah dipotong horizontal, kemudian dibuat irisan pada diameter lingkarannya vertikal ke bawah sedalam 2 cm.

irisan-batang-bawah-cempedak

Gambar entres atas yang telah dihilangkan daunnya. Pucuk juga dihilangkan. Bagian bawah dibuat sayatan dua sisi hingga runcing namun rata permukaannya.

penampang-irisan-batang-atas-cempedak

Entres atas cempedak dan batang bawah nangka telah disatukan. Batang bawah yang belum begitu keras mempermudah proses penyisipan entres.

sambung-pucuk-nangka-cempedak

Tali dengan rafia atau tali plastik yang lain.

tali-sambung-nangkadak

Tutup dengan kantong plastik, ikat hingga ujung kantong plastik terletak di bawah sambungan.

tutup-plastik-nangka-sambung-cempedak

Proses sambung pucuk telah selesai dilakukan. Tinggal menunggu apakah sambungan ini dapat berhasil hidup ataukah tidak.

One thought on “Cara Sambung Pucuk Cempedak dengan Batang Bawah Nangka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *