Tanaman Sesuru Batang Bawah untuk Sambung Euphorbia

daunijo.com- Pernahkan anda menjumpai bunga euphorbia yang tingginya mencapai dua hingga tiga meteran dengan bunga merah atau putih yang lebat? Jika pernah kemungkinan yang anda lihat adalah grafting atau sambung antara batang euphorbia dengan sejenis tanaman yang masih keluarganya, yaitu tanaman sesuru sebagai batang bawahnya.

Tanaman sesuru atau dikenal sebagai euphorbia neriifolia memang masih sekeluarga dengan tanaman euphorbia yang banyak dikenal sebagai tanaman hias dalam pot yaitu euphorbia milli. Sesuru banyak digunakan sebagai ornamen utama sebuah area taman, mengingat tingginya yang bisa mencapai tiga bahkan empat meteran dengan percabangan yang cukup rimbun.

Sebagaimana euphorbia milli tanaman sesuru juga memiliki duri-duri yang tajam. Mungkin itulah mengapa tidak banyak ditanam orang. Sejauh yang pernah terlihat di sebuah taman sekolah dari beberapa tanaman sesuru dengan tinggi satu hingga dua meter tak satupun yang nampak sedang berbunga, beda dengan euphorbia milli yang hampir selalu semarak dengan bunga-bunga.

tanaman-sesuru-ornamen-taman

Tanaman ini juga memiliki getah berwarna putih yang akan keluar dengan deras jika tangkai daunnya dipetik atau batangnya dilukai. Beberapa informasi menyebutkan jika tanaman ini juga memiliki manfaat sebagai pencahar yang cukup kuat.

Dijadikan Batang Bawah Grafting dengan Euphorbia Milli
Tanaman sesuru mudah dikembangbiakkan dengan setek. Sama seperti euphorbia pada umumnya agar penyetekan berhasil, cabang atau ranting setelah dipotong baik angin-anginkan terlebih dahulu sebelum disemaikan. Ini untuk mengurangi kemungkinan busuk pada batang setek. Selain itu, cabang yang disetek diambil hingga pangkalnya, jadi tidak dipotong ditengah-tengah batang. Setekan dari potongan tengah batang seringkali busuk dan tidak tumbuh.

Setelah sesuru mulai tumbuh subur dengan cabang-cabangnya, proses grafting atau penyambungan dapat mulai dilakukan. Tentunya perlu kesabaran karena memerlukan waktu yang lama untuk mendapatkan hasil tanaman yang kompak batang cabang dan bunganya.

Cara penyambungan dapat dilakukan memakaiĀ  sambung pucuk dengan sesuru sebagai batang bawah dan euphorbia milli sebagai batang atas. Penyambungan bisa dilakukan dengan model potong miring atau dengan potong V. Jika cabang yang dapat disambung cukup banyak, bisa divariasi dengan beberapa warna euphorbia milli seperti merah dan putih.

Tanaman baru yang dihasilkan akan memiliki batang yang besar, tumbuh tinggi dan semarak dengan bunga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *