Daun Ijo

Ikuti

Tips Cara Mengolah Ikan Lele untuk Menu Masakan

Bagikan

Ikan lele sebagai salah satu sumber protein keluarga cukup mudah diperoleh dengan harga yang tidak terlalu mahal. Harga per kilonya jauh lebih murah dari harga daging ayam atau apalagi daging sapi. Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mendapatkan ikan lele yang siap diolah dengan hasil yang memuaskan.

Diberok Dulu
Terkadang saat lele telah matang, ada terasa bau air kolam yang anyir atau kurang sedap seolah menempel di daging ikan. Jika anda memelihara lele sendiri, ada baiknya sebelum dijadikan bahan masakan hari ini lele perlu diberok dulu. Ambil lele dari kolam dalam keadaan hidup kemudian tampung dengan menggunakan air bersih. Bisa digunakan kolam kecil, drum atau tong kecil sebagai wadah. Saat pemberokan ini lele tidak perlu diberi makan. Dengan cara ini ikan lele akan menjadi lebih bersih luar dalamnya dan juga bau anyir air kolam dapat hilang.

Siapkan Garam
Untuk membuat lele cepat siap untuk dipotong, siapkan segenggam garam dan sebuah ember dengan tutupnya. Masukkan lele hidup ini ke dalam ember kemudian taburkan beberapa genggam garam. Tutup ember agar lele tidak melompat keluar. Tidak berapa lama lele akan mati dan siap untuk dipotong-potong atau pembersihan.

Jeruk Nipis
Untuk menghilangkan lendir, membersihkan kulit dan mengurangi bau ikan dapat digunakan air perasan jeruk nipis. Siram ikan dengan air jeruk nipis untuk membersihkan ikan dan mengurangi lendirnya. Bagian dalam perut harus dibersihkan dan juga pinggiran mulut dapat disayat agar mulut ikan terbuka lebih lebar hingga mudah dibersihkan.

Iris-iris
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal saat diolah, bagian tubuh ikan bisa diiris miring sepanjang badannya, dari belakang kepala hingga ekor. Irisan dilakukan di kedua sisi untuk mendapatkan bumbu yang lebih merasuk hingga ke dalam dan hasil masakan atau penggorengan yang sempurna.

Selain beberapa tips di atas, pemilihan ikan lele dengan rasa yang lebih enak dapat dipilih ikan yang ukurannya tidak terlalu besar. 1 kg dapat berisi 8-10 ekor masih cukup umum untuk rasa yang bagus.

Bagikan

Terkait

Latest