Kawista Batu Bakalan Bonsai Berdaun Kecil yang Eksotis

Kawista batu termasuk bakalan bonsai yang memiliki tampilan indah meskipun tanpa perlakuan detail. Cukup di tanam dan di biarkan tumbuh apa adanya dengan hanya dilakukan pemangkasan seperlunya penampilannya sudah tampak cemerlang. Cocok ditanam bagi para pecinta tanaman indah meskipun belum masuk kategori bonsai.

Keindahan penampilan kawista batu ditunjang oleh daunnya yang kecil hingga nampak seperti tanaman yang kerdil. Tanaman yang nampak kerdil cocok ditanam di pot berukuran kecil sekalipun. Selain itu batangnya yang nampak tidak halus rata mirip dengan tampilan batang asam jawa menampilkan kesan sebagai pohon tua. Duri-duri yang muncul dari sekitar daunnya menambah eksotis penampilan tanaman ini.

Kawista biasanya tumbuh di tempat dengan komposisi tanah agak berpasir dan dataran rendah. Jika menanam tanaman ini maka sebaiknya mediumnya cukup porus. Media porus bisa diperoleh dengan penggunaan pasir atau arang sekam.

Untuk menanam kawista batu bisa dilakukan dengan bijinya.  Kawista jenis inilah yang dikenal sebagai kawista batu dan banyak digunakan sebagai bahan bonsai kualitas tinggi.

bakal-bonsai-kawista-batu

Rata-rata penampilan pangkal batang tanaman kawista batu ini agak menggelembung, dan sedikit membengkok. Tampilan semacam ini menambah kuat kesan bonsai dibandingkan tipe tanaman berbatang lurus tegak dari bagian bawah.

Kelemahan tanaman ini adalah pertumbuhannya yang agak lambat sehingga diperlukan waktu yang cukup lama untuk membuatnya memiliki ukuran ideal untuk dijadikan bonsai jika menginginkan ukran diameter batang yang besar.

tekstur-pangkal-batang-kawista-batu

Untuk menumbuhkan kawista bakalan bonsai selain media yang porus sebaiknya digunakan pot dengan ukuran besar. Di beberapa nursery, pohon-pohon kawista atau bakalan bonsai yang lain banyak ditanam dalam pot yang terbuat dari tumpukan batu-bata. Tujuannya adalah agar tanaman cepat besar dan nantinya akan memudahkan pemindahan tanaman ke dalam pot. Tinggal dibongkar batu bata satu per satu dengan hati-hati sambil memotong atau memangkas media tanam sekelilingnya sedikit-sedikit.

Biasanya pot-pot batu batu bata ini dibuat dengan ukuran agak tinggi dengan tujuan memudahkan treatmen bagian akar saat pemindahan. Agar bakalan cepat besar, akar yang keluar pada sisi samping pot diarahkan agar masuk ke dalam tanah. Saat pemindahan ini akar yang masuk ke dalam tanah dengan mudah dapat dipotong.

2 thoughts on “Kawista Batu Bakalan Bonsai Berdaun Kecil yang Eksotis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *