Tomat Hidroponik Talang Gelas Aqua

Tomat atau terong yang ditanam secara hidroponik biasa ditanam dalam pot-pot atau polibag yang berukuran lumayan besar dengan sistem irigasi tetes. Tentunya ini dapat menjadi kendala dengan banyaknya media tanam yang diperlukan dan perlunya struktur irigasi. Sebagai pengganti, anda bisa mencoba tanam tomat secara hidroponik dengan netpot gelas akua atau air mineral saja sehingga volume media yang diperlukan tidaklah terlalu banyak dan menggunakan sistem rakit apung air tergenang.

Tidak Terlalu Besar
Dari beberapa penanaman yang pernah dilakukan, volume media tanam ini terlihat mempengaruhi besar kecilnya tampilan tomat yang ditanam.  Tanaman tomat dengan jenis sama yang berada dalam pot dengan media tanam lebih besar dapat tumbuh jauh lebih tinggi dan besar dari tanaman tomat dalam gelas akua ini.

Talang Air Tergenang
Tomat hidroponik gelas plastik ini diletakkan dalam talang air sebagai tampungan nutrisinya. Dalam 1 m panjang talang air dicoba 3 buah bibit tomat sambal dapur.

Bibit disemai di media tanah dan dipindahkan setelah beberapa cm tingginya. Seperti biasa, untuk membantu akar yang belum keluar dari dalam netpot dipasang sumbu kain flanel sepanjang hingga menyentuh dasar talang air. Tanaman terlihat cukup sehat meski ukurannya agak kecil-kecil.

tanam-tomat-gelas-akua

Bibit tomat beberapa hari setelah tanam dalam gelas akua dengan media arang sekam bakar. Tomat gelas usia 15 hari setelah tanam, sehat.

tomat-gelas-15-hari

Berbuah Juga

Meskipun media yang digunakan cukup terbatas, tanaman-tanaman tomat dalam wadah gelas plastik ini mampu berbuah juga. Agar tanaman tidak rebah, batang tanaman perlu dibantu berdiri dengan ikatan tali. Tali dapat diikatkan pada ajir bambu, kayu atau diikatkan pada rak tempat tanaman.

tomat-gelas-talang-berbuah

Dibandingkan dengan wadah polibag atau pot besar, produktivitasnya memang kalah. Meskipun kandungan nutrisi pada media arang sekam mungkin tidak terlalu banyak, namun kelihatannya volume nutrisi tetap mempengaruhi besar kecilnya batang dan luasnya tajuk tanaman.

Semakin besar volume media tanam atau pot yang digunakan, tajuk tanaman dapat semakin lebar dan luas. Setidaknya untuk perbandingan satu pohon pada netpot gelas plastik ini ada kisaran 10 buah saja sementara tomat tanam dalam pot besar dapat lebih dari 30 buah tomat yang dihasilkan dengan jenis varietas tomat yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *