9 Tanaman Bahan Minuman Segar dan Menyehatkan

Bagi anda penggemar kuliner terutama minuman tradisional yang diambil dari alam disekitar rumah berikut 5 tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan minuman segar nan menyehatkan.

1. Jeruk Nipis
Segarnya es jeruk selain dari jeruk limau bisa juga diperoleh dari jeruk nipis, apalagi bagi yang suka rasa masam agak ekstrim tentu lebih suka es jeruk nipis dibandingkan jenis jeruk yang lain. Pohon yang tidak begitu besar cocok ditanam di pekarangan rumah dalam pot berukuran besar.

2. Alpukat
Selain sebagai bahan pelengkap es buah maupun jus alpukat, nilai ekonomi tanaman buah ini rupanya cukup tinggi. Seorang tetangga pernah menceritakan bahwa hasil panen alpukat ini bisa mencapai satu juta rupiah dari satu pohon saja. Pohon alpukat cenderung tumbuh tinggi besar dan tajuknya bisa berdiameter hingga 5 meteran hingga kurang cocok bagi yang memiliki lahan sempit.

3. Serai atau sereh
Serai dapat dijadikan campuran untuk membuat wedang jahe, tentunya bukan daunnya yang dijadikan minuman tetapi batang bawah yang berwarna putih dari tanaman yang mirip alang-alang ini. Dengan aroma sereh ini minuman jahe hangat menjadi lebih nikmat.

4. Jahe Merah
Minuman jahe merah dapat menghangatkan badan dan rasanya menyegarkan. Bisa ditanam di pekarangan atau dalam pot berukuran sedang. Kupas jahe potong kecil-kecil dan direbus, setelah itu tambahkan gula pasir atau gula merah, jadilah minuman hangat yang segar dan menyehatkan. Selain langsung direbus, jahe ini biasa dibakar dulu sekalian dengan kulitnya, baru kemudian dibersihkan kulitnya, sedikit ditumbuk baru dimasukkan ke dalam air panas.

5. Cincau
Tanaman merambat ini populer digunakan sebagai bahan minuman es cincau. Dengan campuran santan kelapa gula dan es atau air dinginĀ  jadilah minuman cincau yang menyegarkan dan menyehatkan badan.

6. Lidah Buaya
Lidah buaya memilik tekstur batang berlendir. Dari batangnya yang telah dikupas kulitnya dan dihilangkan lendirnya dapat diperoleh jus maupun minuman es lidah buaya yang menyehatkan. Beberapa resep yang beredar mengharuskan merebus dulu lidah buaya ini sebelum dijadikan bahan minuman, jadi tidak dimakan mentah.

7. Kencur
Tanaman kencur menjadi bahan minuman beras kencur yang biasa dijual penjual jamu keliling. Rasanya tidak pahit seperti jamu.

8. Kunir atau Kunyit
Kunir atau kunyit menjadi bahan pembuat minuman kunir asem yang segar.

9. Asam Jawa
Meskipun sukar berbuah dalam pot, namun tanaman ini banyak dijumpai dengan mudah sebagai peneduh di pinggir jalan. Minuman dari asam ini dapat dibuat baik dari buahnya maupun dari daunnya yang masih muda, cocok bagi penggemar minuman rasa manis-manis masam.

Demikian beberapa tanaman yang bisa dijadikan bahan minuman baik di siang hari yang terik panas maupun di malam yang dingin untuk menghangatkan badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *