Agar Tanaman Bougenville Rajin Berbunga dengan Lebat

Bunga bougenville termasuk salah satu bunga yang merakyat, banyak ditanam baik di dalam pot maupun langsung di tanah sebagai salah satu ornamen taman. Jika tanaman bougenville yang anda tanam dalam pot malas berbunga dan hanya tumbuh daunnya saja dengan lebat, lakukan langkah-langkah berikut.

Potong akar yang masuk ke tanah
Sering bunga bougenville yang ditanam dalam pot tumbuh begitu rimbun tidak sebanding dengan media tanam yang ada di dalam pot. Kemungkinan besar, pohon bougenville dengan tampilan seperti itu akarnya telah menembus bagian alas pot dan jauh masuk ke dalam tanah hingga perlu dilakukan pemotongan. Potong akar yang keluar dari dalam pot dengan pisau atau gergaji.

Lakukan pemangkasan
Setelah dilakukan pemotongan, lakukan pemangkasan daun dan ranting yang terlalu lebat agar tanaman tidak menjadi layu karena media dalam pot tidak sanggup menghidupi daunnya yang banyak dan rimbun. Setelah bersemi kembali umumnya tanaman bougenville akan segera melakukan pembungaan.

Tempat yang panas
Agar bunga bougenville rajin berbunga, letakkan pot atau lokasi tanam di area dengan sinar matahari yang banyak. Bougenville aka bunga kertas dengan tempat yang rindang atau lembab akan malas berbunga, hanya daunnya saja yang mungkin merimbun.

Lakukan Stress Air
Stress air sering dilakukan untuk merangsang tanaman bougenville mengeluarkan bunga. Tanaman dalam pot tidak disiram dalam beberapa hari dengan tentu saja perkiraan hitungan hingga tanaman tidak akan mati. Setelah itu, dilakukan penyiraman dengan air yang terbatas. Dengan perlakuan ini, tidak beberapa lama umumnya tanaman bougenville akan mengeluarkan bunga, bahkan meskipun daunnya sebagian pada rontok.

Meskipun tanaman bougenville dapat hidup pada media dengan unsur hara minimal, bukan berarti pergantian media tidak diperlukan. Pergantian media tetep perlu dilakukan untuk tanaman dalam pot meskipun tidak perlu sesering tanaman lain. Dengan pergantian media, batang tanaman dan tajuknya dapat tumbuh lebih besar sehingga penampilannya lebih menarik.

Untuk tanaman yang berada langsung di tanah, umumnya perawatan yang dilakukan adalah pemangkasan rutin dan perlakuan penyiraman air yang minimal agar tanaman lebih rajin berbunga dengan tajuk yang indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *