Daftar Lama Waktu Tumbuh Semai Biji Beberapa Tanaman Rumah dan Kebun

daunijo.com- Saat melakukan proses menyemai biji untuk mendapatkan bibit tanaman seringkali bertanya-tanya berapa lama biji ini akan tumbuh. Sudah beberapa hari di tebar di persemaian masih saja belum tumbuh juga. Memang masa perkecambahan atau tumbuhnya tunas dari biji tiap tanaman berbeda-beda. Beberapa tanaman yang pernah ditebar bijinya yang sempat dilakukan pengamatan lama masa germinasinya dicatat dalam tulisan ini.

Sebagai catatan tabel ini tentu tidak bisa dijadikan patokan pasti, sekedar berbagi pengalaman lamanya biji tumbuh saat menebar biji tanaman. Bisa jadi jika anda melakukan untuk jenis yang sama bisa saja diperoleh hasil rentang waktu yang berbeda. Tentunya kondisi lingkungan, kondisi biji baru atau lama disimpan dan teknik persemaian yang berbeda dapat menghasilkan perbedaan pula.

Rentang waktu yang ada di tabel ini adalah waktu tercepat dari germinasi sekelompok biji tanaman yang ditebar, sementara biji-biji lain seringkali tumbuh setelah waktu itu dalam waktu yang tidak terpaut terlalu lama. Sekali lagi catatan ini juga hanya berdasarkan sedikit pengamatan saja. Proses semai biji dilakukan pada media tanah hitam dengan campuran sekam bakar. Posisi biji sedikit ditimbun lapisan tipis tanah. Penyiraman dilakukan satu atau dua kali sehari.

cabe-hias-besar-panjang

Cabe hias ini masa perkecambahannya sekitar 7 hari.

Pada biji-biji cabe yang sebagian besar berasal dari penyimpanan atau dalam kondisi kering sebelum disemai diberi perlakuan perendaman dengan air. Perendaman biji tidak berlangsung terlalu lama, dengan acuan waktu sebagian besar biji telah tenggelam ke dasar air. Biji-biji yang tidak berisi umumnya meski sudah direndam lama akan tetap mengapung saja.

Tanaman sawi tergolong paling cepat, hingga saat dilakukan perendaman dalam air beberapa jam telah terlihat adanya gerak pertumbuhan pada biji. Hal yang sama juga terjadi pada pada biji kangkung.

  1. Cabe raksasa Aconcagua Pepper: 5 hari; 10 hari
  2. Cabe pedas Red Habanero: 6 hari; 8 hari
  3. Cabe Kopay : 7 hari
  4. Cabe Paprika: 7 hari
  5. Terong Belanda: 5 hari
  6. Takokak: 9 hari; 12 hari; 17 hari
  7. Sawi hijau: 1 hari
  8. Selada Hijau: 3 hari
  9. Selada Merah: 3 hari
  10. Kangkung darat: 3 hari; 5 hari
  11. Seledri: 12 hari
  12. Pepaya: 7 hari
  13. Mengkudu: 40 hari
  14. Bayam merah: 3 hari
  15. Bayam hijau: 4 hari
  16. Adenium : 9 hari
  17. Kemangi: 4 hari
  18. Cabe Rawit: 7 hari
  19. Tomat: 5 hari
  20. Mangga: 23 hari
  21. Alpukat (avokad): 35 hari
  22. Jeruk Kingkit: 12 hari

Demikian sedikit catatan masa germinasi beberapa benih tanaman di sekitar rumah yang pernah dilakukan penebaran biji sebagai gambaran lama waktu tumbuh saja. Biji-biji dengan masa tumbuh cepat umumnya biji-biji yang masih baru kecuali biji sawi yang telah tersimpan cukup lama.

Bibit terong Belanda 10 hari setelah semai.

Bibit terong Belanda 10 hari setelah semai.

Untuk pencatatan yang dilakukan lebih dari satu kali dengan waktu yang berbeda diberikan tanda titik koma. Sekali lagi bisa jadi bibit Anda tebar bisa lebih cepat atau lebih lambat dari catatan di atas.

One thought on “Daftar Lama Waktu Tumbuh Semai Biji Beberapa Tanaman Rumah dan Kebun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *