Alternatif Pengganti Tray Semai Sederhana Sayuran Berbiji Besar

daunijo.com- Cara menyemai biji sayur gambas. Tray penyemaian bibit atau seed tray memang memudahkan kita untuk menanam bibit dalam jumlah banyak tanpa menggunakan polibag. Seed tray bisa berbentuk kotak  tunggal yang lebar untuk penyebaran bibit secara kolektif atau berbentuk kotak-kotak kecil yang saling sambung menyambung membentuk persegi panjang mirip dengan cetakan es batu pada kulkas. Tiap kotak bisa untuk satu atau dua biji tanaman dengan tujuan mendapatkan kemudahan dalam pemindahan bibit ke lahan. Jika diinginkan penanaman bibit untuk jenis sayur seperti di tray semai pabrikan sebagai pengganti polibag semai, alternatif berikut dapat dijadikan pilihan.

Tray Semai Sederhana
Menanam gambas umumnya dilakukan dengan menyemai biji langsung di lahan. Namun dengan alasan tertentu petani kadang harus menyemai dulu di media semai baru dipindah ke lahan. Gangguan tikus atau hewan lain di lahan kadang menyebabkan biji tidak tumbuh atau hilang.

Sediakan tempat penyemaian dari papan kayu berbentuk kotak. Tempat penyemaian harus memiliki lubang-lubang dibagian bawah agar air mengalir dengan lancar dan air tedak menggenang. Isi wadah dengan media untuk penyemaian cukup beberapa centimeter saja. Media semai baik dibuat agak halus sehingga tanah yang berbongkah harus diremukkan atau dibuang. Ratakan permukaan media sambil dilakukan penghalusan.

Siram media dengan air secara merata, baiknya  menggunakan penyemprot yang diatur semburan yang agak halus agar permukaan media semai dan juga biji-biji tidak kocar-kacir.

media-semai-gambas

Bagi area media semai dengan garis-garis sehingga diperoleh bentuk kotak-kotak. Ukuran kotak dapat dibuat proporsional saja, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Di dalam area kotak inilah akan diletakkan bibit-bibit sayur yang akan ditanam, satu kotak satu bibit. Cara ini biasa dilakukan untuk biji sayuran yang berukuran cukup besar, seperti gambas atau pare.

tray-semai-manual

Bibit yang disemai dengan cara ini akan tumbuh lebih rapi dan teratur sehingga memudahkan saat pemindahan ke tempat penanaman. Pemindahan bibit dilakukan sekalian dengan media tanahnya.

Bibit yang disebar begitu saja akan mengakibatkan banyak bibit yang tumbuh secara berdempetan sehingga meyusahkan saat hendak dipindah. Hal ini akan mengurangi persentase tingkat keberhasilan penanaman.

Cara Menyemai Biji Berbentuk Pipih Panjang
Biji gambas berwarna hitam dengan bentuk pipih. Satu bagian meruncing dan dibagian yang berlawanan berbentuk melingkar. Posisi yang baik untuk penyemaian adalah meletakkan bagian dimana akar keluar di sebelah bawah dan arah keluarnya daun di sebelah atas.

Posisikan biji gambas vertikal dengan bagian runcing masuk ke dalam tanah, sementara bagian yang bulat berada di atas tanah. Jadi bibit masuk ke dalam tanah kira-kira separuh bagian. Penancapan yang terbalik seringkali membuat akar tidak keluar atau jika keluar akan kesulitan menjangkau tanah. Selain model biji berdiri, daripada terbalik biji bisa ditaruh dalam posisi rebah saja. Kemudian ditutup dengan tanah tipis di atasnya.

tray-semai-gambas

Setelah dilakukan penyiraman, tempat penyemaian ditutup rapat dengan plastik. Jika biji sudah mulai tumbuh, tutup plastik bisa dibuka. Siram penyemaian secara teratur, pagi dan sore hari.

Pengambilan Benih Siap Tanam
Setelah tanaman keluar daun dua hingga tiga helai, tanaman siap dipindahkan ke lahan. Basahi lebih dahulu media semai dengan air hingga merata sampai ke bawah. Cara yang paling praktis untuk mengambil bibit dari media semai yang memiliki kepadatan tinggi adalah mengeruk tiap tanaman dengan sendok makan. Usahakan agar akar bibit ikut terambil beserta tanahnya dan minim kerusakan.

pengambilan-bibit-siap-tanam-gambas

Setelah itu tanah sedikit di kepal dengan tangan dan dikumpulkan di wadah transit untuk kemudian ditanam di lahan satu persatu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *