Anggrek Pohon Tanam dan Lupakan

Cara menanam anggrek bunga di pohon. Tanaman anggrek (suku orchidaceae) di alam sebagian besar merupakan tanaman epifit, yaitu tanaman yang hidup menempel atau numpang pada tanaman lain namun tidak merugikan tanaman yang ditumpanginya. Di habitatnya tanaman anggrek yang bertipe epifit ini banyak tumbuh menempel pada tanaman-tanaman yang tinggi dan besar di hutan-hutan tropis.

Tanaman ini memerlukan paparan sinar matahari juga namun tidak sepanjang hari. Untuk kelangsungan hidupnya tanaman anggrek mengandalkan keberadaan air hujan dan kelembaban udara.

Foto di bawah adalah tanaman anggrek yang ditanam dengan cara ditempelkan pada pohon rambutan di depan rumah. Selain dapat menikmati manisnya buah saat musim rambutan, dapat juga dinikmati keindahan bunga anggrek yang menempel  saat mekar.

anggrek-di-pohon-rambutan

Tanaman anggrek pohon ini dapat dibiarkan begitu saja selepas ditanam hingga tumbuh secara alami tanpa asupan pupuk atau tambahan bahan-bahan lain, jadi dibiarkan tumbuh apa adanya seperti di habitatnya. Perakarannya banyak dan kuat serta cukup rajin berbunga.

anggrek-pohon

Cara penanamannya cukup mudah, tinggal ambil anakan anggrek yang disertakan akarnya, kemudian ikat dengan tali pada pohon yang memiliki batang keras dan berusia panjang seperti rambutan, kelengkeng, kelapa atau pohon mangga. Jangan ditempel pada tanaman lunak dan berusia pendek macam batang pepaya apalagi di batang pohon pisang. Atur ketinggian tempat penempelan, jangan terlalu rendah karena dapat dimainkan anak-anak, jangan pula terlalu tinggi karena di luar area pandang mata.

Lebih bagus lagi jika bisa mendapatkan tunas anggrek lengkap lengkap dengan sayatan kulit pohon yang ditempelinya, tentunya akan lebih cepat beradaptasi di tempat penempelannya yang baru.

Pilih lokasi yang tidak terlalu banyak terpapar sinar matahari sepanjang hari. Setelah itu lupakan, anda akan ingat jika pernah menanam pohon anggrek ini saat bunganya mulai keluar dengan indahnya.

akar-anggrek

Jika ingin menanam anggrek di pohon usahakan dilakukan di awal musim hujan, saat keberadaan curah hujan dan udara yang cukup lembab sepanjang hari.

Lumayan untuk menambah keindahan halaman rumah dan menampilkan nuansa “kehutanan” di rumah anda.

4 thoughts on “Anggrek Pohon Tanam dan Lupakan

  1. Rasmila

    Mau nanya nih….. Kalo anggrek ditempel di pohon Mahoni cocok gak ya

    Reply
    1. Heru Soewono

      Cocok kok mbak, saya tempel ke pohon Mahoni anggreknya berbunga kok.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *