Uniknya Bentuk Buah Markisa yang Satu Ini

Markisa unik untuk penghias pekarangan rumah. Buah markisa umumnya berbentuk lonjong mendekati bulat dengan warna coklat agak kemerahan, namun markisa varian ini memiliki bentuk sedikit nyentrik dan unik. Begini ini penampilan buah markisa saat masih muda, cukup unik dijadikan penghias rumah dan dapat membuat tamu-tamu anda tersenyum geli.

Bentuk ini diperoleh saat buah markisa masih muda, seiring waktu setelah besar nanti bentuknya lama-kelamaan akan berubah menjadi agak lanjong mirip buah mangga dengan ukuran yang cukup besar.

Warna kulit buah yang semula hijau tua perlahan berubah warna menjadi semakin terang. Bentuknya yang aneh di awal-awal akan memudar dan berubah menjadi agak bulat lonjong.

markisa-unik

Buah markisa dewasa menggantung di para-para yang terbuat dari bambu. Lokasi tanam suka di bawah matahari.

markisa-unik-dewasa

Soal rasa tidak lebih manis dari markisa biasa yang berbentuk bulat lonjong, jadi tetap saja masam. Cocoknya buat jadi minuman atau sari buah.

daun-markisa-unik
Penampakan daun buah markisa yang bulat melebar dan rimbun.

markisa-matang

Buah markisa dapat tumbuh besar dan panjang, buah yang baru dipetik ini memiliki panjang sekitar 22 cm dan lingkar diameter buah bagian tengahnya mencapai 40 cm, cukup untuk memenuhi piring.

markisa-besar-belahan

Selain dapat digunakan membuat bahan minuman, daging buah markisa yang berwarna putih  ini dapat dijadikan bahan untuk membuat sayur, misalnya untuk sayur bobor atau sayur lodeh.

Cara Perbanyakan Tanaman Markisa
Selain dapat ditanam dari penyemaian bijinya, tanaman ini dapat diperbanyak dengan cara setek batang. Ambil batang yang sudah cukup berumur kemudian dipangkas pucuknya dan daun-daunnya. Tancapkan pada permukaan tanah yang gembur.

setek-tanaman-markisa

Hasil penyetekan yang sudah keluar daun-daun baru, menandakan proses stek pada markisa berhasil. Tanaman siap dipindahkan ke tempatnya yang baru.

One thought on “Uniknya Bentuk Buah Markisa yang Satu Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *