Cara Sambung Pucuk Bunga Bougenville

daunijo.com- Bougenville atau biasa dikenal dengan nama bunga kertas merupakan salah satu bunga yang banyak dipelihara orang, selain memiliki banyak pilihan warna bunga juga banyak pilihan untuk corak daun. Untuk meningkatkan keindahan dari bunga bougenvil, bisa dilakukan aneka cara sambung atau okulasi untuk mendapatkan berbagai warna dalam satu pohon. Salah satu cara sambung pucuk bunga bougenville dapat dilihat berikut ini.

Langkah Sambung Pucuk Tanaman Bougenville
Langkah pertama tentukan target tanaman yang akan disambung bagian pucuknya. Tanaman ini dapat ditumbuhkan dari hasil stek maupun cangkok cabang bougenville sebelumnya.

Pilih cabang yang masih muda dengan warna masih kehijauan. Pemilihan cabang yang masih muda berdasarkan pengalaman lebih banyak berhasil dibandingkan cabang batang yang sudah berwarna coklat.

batang-bawah-bougenville

Siapkan peralatan kerja, cukup mengandalkan pisau cukur yang masih tajam untuk pemotongan, tali untuk pengikat dan selubung plastik untuk membungkus hasil sambungan nantinya.

alat-sambung-bougenvil

Berikutnya pilih pucuk dari bougenvile jenis lain, bisa dari variasi daunnya dan juga bunganya. Di contoh ini batang bawah memiliki warna hijau polos sementara calon sambungan atasnya memiliki warna daun hijau dengan corak warna putih. Pilih cabang yang juga masih muda, dengan diameter kurang lebih sama dengan cabang batang bawahnya. Jika persediaan cabang bawah yang seukuran sukar diperoleh, bisa juga dipilih cabang bawah yang sedikit lebih besar dari calon sambungan atasnya, asal jangan yang lebih kecil.

batang-atas-bougenvile

Berikutnya proses penyambungan, potong cabang batang bawah dengan silet, kemudan belah potongan tadi perkirakan di tengah-tengah diameter batang. Karena batangnya kecil maka tidak perlu dibentuk huruf V, jadi cukup dibelah atau diiris saja.

potong-batang-bawah

Siapkan sambungan atas, potong target dengan silet kemudian pangkas daunnya bisa dengan silet atau gunting. Sisakan beberapa helai daun yang masih kuncup di pucuk batang. Di bagian pangkal batang tipiskan di kedua permukaan batang iris dengan silet. Pengirisan sebisa mungkin satu kali jalan, agar permukaannya rata sehingga saat diselipkan di batang bawah permukaannya dapat menempel dengan baik.

potongan-batang-atas

Jika sudah segera selipkan batang atas tadi ke batang bawah. Paskan sehingga tidak miring ke kiri atau ke kanan.

sambungan-bougenvile

Ikat dengan tali, jangan terlalu ketat, cukup diperkirakan tempelan keduanya menyatu dengan baik karena ikatan yang terlalu kuat justru dapat merusak jaringan batangnya.

ikat-dengan-tali-bunga-kertas

Berikutnya untuk mengurangi penguapan dan menjaga kelembaban, bungkus sambungan tadi dengan plastik makanan atau plastik yang  biasa buat bungkus gula.

bungkus-plastik

Terakhir letakkan  pot sambungan tadi ditempat yang teduh, hindarkan dulu dari paparan sinar matahari langsung. Hindarkan juga dari tiupan angin kencang, dan jauhkan dari jangkuan anak-anak kecil agar sambungannya tidak digoyang-goyang.

Model langkah sambung bougenville yang berbatang besar dan contoh hasilnya dapat dilihat di “Cara sambung celah bougenville batang besar“.

Aneka Warna
Beberapa dokumentasi warna bougenville dapat dilihat di Macam warna dan Corak Bougenville. Selain banyaknya warna bunga, dengan beberapa variasi corak pada daun membuat tanaman tampil menarik meskipun sedang tidak berbunga. Apalagi jika ditunjang pemilihan batang bawah yang telah memiliki ukuran cukup besar selayaknya bonsai bougenville.

Dalam beberapa hari diharapkan sambungan mulai menyatu, ditandai dengan tidak layunya batang atas. Selubung plastik bisa dibuka, untuk ikatannya jangan buru-buru dibuka, tunggu hingga benar-benar menyatu.

contoh-sambung-bougenville-3-warna

Hasil sambung tanaman bougenville 3 warna.

Dalam contoh hasil sambung yang sudah berhasil hidup pada gambar di atas satu tanaman memiliki 3 jenis bougenville berbeda. Daun bercorak hijau-putih, daun bercorak hijau-kuning dan daun batang aslinya yang berwarna hijau. Variasi bunga saat muncul nantinya berwarna merah, putih dan orange.

12 thoughts on “Cara Sambung Pucuk Bunga Bougenville

  1. ziezah nor

    Jadi seperti itu ya gan cara menyambung bunga bougenville,,,,jelas banget gan caranya. mkash ya gan sanagt membantu….

    Reply
  2. ferdy

    apa ada obat utk perangsang biar lbh cpt nymbung sempurna gan…????

    Reply
  3. AdityaDharma

    Saya mau tanya berapa lamakah pucuk yang kita sambung itu menyatu???

    Reply
  4. Abah Jibril

    Untuk sambungan atasnya..bagaimana kalau ujung pucuknya dibuang..apa masih bisa tumbuh..terimakasih.

    Reply
  5. lilis widi

    Wuihhhh kerennn…aku pecinta bougenville.banyak bougenville dihalaman tp blm pernah nyambung….mksih mo nyoba nih

    Reply
  6. muhammad abdul rozaq

    Berapa lama masa penyambungan sampai batang benar benar menyatu.?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *