Cara Membuat Susu Sari Kedelai dengan Mudah

Kedelai (jangan salah baca jadi keledai,..) merupakan tanaman berpolong yang mengandung protein nabati dan minyak nabati. Di indonesia kedelai sering digunakan membuat makanan tradisional tempe kedelai maupun tahu. Selain itu produk olahan dari kedelai dapat berupa minuman salah satunya ialah susu sari kedelai.

Susu kedelai sebenarnya adalah sari dari kacang kedelai, dinamakan susu karena warnanya yang putih. Susu kedelai dipercaya banyak memiliki manfaat untuk kesehatan. Diantaranya adalah sebagai antioksidan, mencegah osteoporosis hingga pencegahan kanker. Selain itu sari kedelai baik untuk orang yang sensitif terhadap laktosa sehingga dapat dikonsumsi penderita diabetes juga penyakit ginjal.

Prinsip pembuatan susu sari kedelai adalah mengeluarkan sari kedelai dari bijinya, dengan cara digiling, ditumbuk atau diblender. Berikut salah satu variasi cara pembuatan susu dari sari kedelai.

Bahan:

  1. Kedelai
  2. Gula jawa atau gula pasir untuk yang suka manis
  3. daun pandan
  4. sedikit garam jika suka

susu-sari-kedelai-putih

Langkah pembuatan

  • rendam kedelai dalam air panas, sekitar 8 jam hingga kedelai mengembang. Jika tidak ada air panas dengan air dinginpun bisa.
  • setelah kedelai nampak mengembang, bersihkan kedelai dari kulit ari dan kotoran-kotaran lain hingga kedelai bersih. buang air rendaman dan tiriskan.
  • setelah itu rebus kedelai dengan air panas, tujuannya untuk mengurangi rasa langu pada kedelai yang dihasilkan.
  • siapkan blender, dan masukkan kedelai kedalamnya dengan ditambahkan air secukupnya agar kedelai terblender dengan halus.
  • peras hasil blenderan tadi dengan kain kasa, atau kain yang memiliki pori halus. Pemerasan bisa dilakukan beberapa kali dengan penambahan air pada ampasnya.
  • rebus hasil perasan sambil ditambahkan daun pandan, gula dan sedikit garam. Dalam proses perebusan, sari kedelai harus sering diaduk-aduk.

Demikian cara pembuatan susu dari sari kedelai, setelah diangkat susu sari kedelai siap disajikan. Kelebihan membuat susu kedelai sendiri dibandingkan susu kedelai boleh beli di pasar yaitu tingkat kekentalannya. Susu kedelai yang dibeli umumnya terlalu cair karena kebanyakan campuran airnya. Selain itu karena membuat sendiri, tingkat kebersihan atau higienitas pada susu tentunya lebih kita ketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *