Macam-macam Pakan Tambahan untuk Ayam Buras

Genjer untuk tambahan pakan ayam kampung, sebagian masyarakat memanfaatkan tanaman ini sebagai jenis sayuran.

Selain bekatul atau dedak padi, aneka pakan tambahan dapat diberikan pada ayam kampung atau ayam buras. Pakan tambahan selain untuk penghematan, juga dimaksudkan untuk menambah asupan gizi pada ayam.

Pakan tambahan bisa dicampurkan pada makanan pokok ayam yaitu bekatul. Dapat juga diberikan secara terpisah sebagai makanan selingan.

Pakan Tambahan

Sebagian ayam karena tidak terbiasa kadang tidak mau jika pakan tambahan ini diberikan secara langsung. Untuk mensiasatinya, beberapa jenis dedaunan dan buah yang belum matang terutama dapat diiris atau dirajang kecil-kecil kemudian bisa dicampurkan pada dedak atau bekatul. Pada dasarnya, jenis-jenis daun dan buah yang dapat dikonsumsi manusia dapat pula diberikan pada ayam.

Beberapa jenis makanan tambahan yang dapat diberikan antara lain sebagai berikut:

1. Jagung

Jagung memiliki nilai gizi yang baik untuk ayam namun harganya relatif lebih mahal dibandingkan bekatul. Karena itu jagung diberikan dalam jumlah yang terbatas sebagai campuran bekatul.

2. Nasi

Nasi sisa semalam yang belum basi bisa dijadikan pakan tambahan buat ayam. Pemberian nasi bisa dilakukan jika ayam mengalami penurunan nafsu makan terhadap bekatul dan dijadikan sebagai campuran.

3. Buah pepaya

Panen pepaya yang berlimpah seringkali menyisakan banyak buah pepaya apkir atau setengah busuk. Ayam kampung sangat menyukai buah pepaya apalagi yang matang. Untuk pepaya yang masih muda, pemberiannya dengan dirajang terlebih dahulu atau di parut kecil-kecil.

4. Daun Pepaya

Daun pepaya dirajang tipis-tipis dan dicampurkan ke dalam bekatul. Pemberian daun pepaya pada ayam dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan. Jika ada stok daun pepaya yang cukup banyak dan berlebihan untuk diberikan dalam beberapa hari, daun-daun ini bisa dijemur di sinar matahari dan diberikan pada ayam dalam keadaan kering, dicampurkan dengan bekatul.

5. Mentimun sisa panen

Mentimun yang telah beberapa kali dipanen akan menyisakan mentimun-mentimun kecil yang tidak laku dijual. Petani biasa membiarkan timun sisa panen ini dan membiarkannya busuk di sawah. Timun-timun ini dapat dimanfaatkan sebagai campuran pakan ayam dengan diparut terlebih dahulu.

6. Genjer

Genjer adalah gulma padi di sawah. Petani biasa mencabut dan menumpuknya di tepi sawah agar menjadi kompos. Genjer dapat dijadikan makanan selingan diluar waktu makan ayam, cukup diletakkan di kandang dan ayam akan berebut memakannya. Sebaiknya genjer-genjer ini diikat agar tidak bertebaran di kandang.

7. Wewehan (Eceng sawah)

Selain genjer, gulma sawah yang lain dapat diberikan pada ayam adalah wewehan atau eceng sawah. Eceng sawah berbeda dengan eceng gondok, batangnya tidak menggelembung.

8. Eceng Gondok

Eceng gondok selain banyak digunakan untuk kerajinan atau bahan pupuk dapat juga dijadikan pakan tambahan untuk ayam. Potong-potong batang dan daunnya kecil-kecil kemudian dicampurkan dengan dedak atau jagung giling sebagai pakan harian ayam.

Video eceng gondok untuk pakan ayam.

9. Sisa kulit buah dan irisan sayur

Pada dasarnya ayam adalah hewan omnivora. Selain pakan hewani, sisa-sisa kulit buah dan sayuran dapur dapat dijadikan sebagai sumber hijauan pakan ayam.

10. Kiambang kecil atau Mata Iwak

Mata iwak banyak tumbuh di rawa-rawa atau di lahan padi yang digenangi air habis dibajak. Bentuknya kecil dan mengambang di permukaan air.

11. Kulit Telur

Sebelum di berikan pada ayam, sebaiknya ditumbuk dulu agar kulit telur menjadi halus. Pemberiannya dapat dicampurkan pada bekatul. Kulit telur dapat diperoleh dari sisa dapur atau sisa penetasan ayam.

12. Gedebog Pisang

Gedebok pisang sisa panen dapat ditaruh dikandang untuk pakan ayam. Agar ayam tertarik untuk makan, kupas kulit batang pisang bagian luar hingga ke bagian kulit yang berwarna putih. Dapat juga dibelah potongan-potongan kecil vertikal.

13. Daun Pisang

Gantungkan daun pisang dan ikat agar tidak berserakan di lantai. Meskipun tidak terlalu lahap, untuk jumlah ayam yang banyak pemberian daun pisang difungsikan sebagai patukan, dapat mengurangi tingkat agresivitas agar tidak saling berkelahi sesama ayam.

14. Ampas Kelapa

Berikan ampas kelapa yang masih baru jika ingin menjadikannya sebagai pakan tambahan. Ampas kelapa yang sudah basi dapat membahayakan kesehatan ayam.

Wewehan (Jw), Eceng sawah

Sebagian makanan tambahan di atas memiliki nilai gizi yang cukup baik bagi ayam. Makanan yang memiliki nilai gizi kurang tetap bermanfaat untuk diberikan minimal untuk mengurangi jumlah pakan dan meminimalkan kanibalisme pada ayam, terutama jika dipelihara ayam dalam jumlah yang besar.

Pakan dedak bersisa?

Terkadang pakan dedak atau bekatul yang diberikan pada ayam bersisa banyak akibat kelebihan takar atau ayam yang lagi kurang nafsu makan. Jika jumlahnya lumayan banyak, ibu-ibu yang rajin biasanya kemudian mengukusnya atau dipanasi agar tidak basi untuk diberikan lagi besok pagi. Kalau bapak-bapak sih lebih suka buat bahan kompos saja, sama-sama bermanfaat.

2 thoughts on “Macam-macam Pakan Tambahan untuk Ayam Buras

  1. daunijo Post author

    Ndak bahaya gan, sudah dicoba semua yg disebutkan Di atas.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *