Cara Sambung Pucuk Muda pada Tanaman Alpukat

daunijo.com- Cara sambung pucuk dengan bibit muda. Tanaman yang berasal dari biji seringkali memiliki sifat yang berbeda dari induknya. Seperti pengalaman menanam alpukat dari biji yang berasal dari pohon kualitas tinggi. Pohonnya kokoh dan rindang serta buahnya besar dengan daging yang tebal. Setelah ditanam ternyata buah yang dihasilkan rata-rata hanya separuh ukurannya dari buah yang dihasilkan induknya. Untuk itulah perlu dilakukan proses sambung pucuk pada tanaman kali ini dengan cara penggunaan pucuk dari tanaman usia sangat muda beberapa minggu setelah disemai, biasa dilakukan pada tanaman alpukat juga mangga.

Ambil entres atas  dari pohon yang telah berkali-kali berbuah dengan kualitas yang bagus. Untuk buah alpukat biasanya yang dilihat adalah ukuran buah dan ketebalan dagingnya. Selain itu rasa sari daging buah juga perlu dipertimbangkan. Entres dipilih dengan ukuran diameter tidak boleh lebih besar dari batang bawahnya.

Kebetulan ada cabang yang dipotong dan beberapa tunas baru muncul dan berukuran optimal untuk dapat disambung.

Proses sambung pucuk alpukat kali ini akan mempraktekkan sambung pucuk dengan batang bawah berasal dari bibit yang baru tumbuh. Bibit baru berusia beberapa minggu, ditandai dengan warna semburat merah pada batangnya.

alpukat-entres-atas

Bijinya pun bahkan masih menempel kuat dibagian bawah. Dari segi ukuran diameternya, batang bawah ini sudah layak untuk disambung. Tidak akan terjadi kesulitan saat mengirisnya, sebagaimana akan terjadi jika batang terlalu kecil.

alpukat-entres-bawah

Langkah berikutnya yang dilakukan adalah memotong calon batang atas. Hilangkan dulu daunnya dan runcingkan ujungnya membentuk huruf V seperti terlihat pada gambar berikut. Irisan pada gambar digunakan dengan silet yang  masih baru dan tajam. Lakukan sekali iris saja  untuk masing-masing sisi depan dan sisi belakang.

sambung-muda-potonga-entres

Berikutnya penyiapan batang bawah. Potong dulu secara mendatar. Karena masih sangat muda, pemotongannya sangat mudah, tidak terasa keras di tangan. Setelah itu lakukan irisan vertikal di pertengahan batang. Panjangnya sesuaikan dengan panjang luka sayatan yang dibuat pada batang atas tadi.

sambung-muda-potong-entres-bawah

Setelah selesai, selipkan cabang atas ke cabang bawah dengan hati-hati. Ikat dengan tali, kali ini yang digunakan adalah tali dari kantong plastik  yang ditipiskan memanjang.

top-grafting-ditali

Sungkup dengan plastik. Jika hujan turun dan mengenai sambungan, biasanya akan terjadi kegagalan sambungan. Selain itu untuk menjaga kelembaban agar batang atas tidak cepat layu.

sungkup-plastik-alpukat

Tempatkan di tempat yang ternaung lebih dulu, dengan cahaya matahari yang minimal. Jika sambungan berhasil, maka akan diperoleh bibit baru yang sifatnya berbuah dengan ukuran besar dan daging yang tebal. Jika sambungan gagal, tetap semangat, lain kali bisa dicoba lagi,…

hasil-sambung-pucuk-alpukat

Hasil sambungan setelah 19 hari. Daun yang awalnya masih kuncup mulai mekar membesar dan tumbuh tunas-tunas baru di bekas ketiak daun yang dibuang, gambar foto di bawah menunjukkan penyambungan yang berhasil dengan baik.

sambung-alpukat-usia-32-hari

Pertumbuhan tunas dan daun sambung pucuk setelah 32 hari dari mulai waktu penyambungan,  tumbuh subur dan hijau. Lumayan cepat tumbuh karena entres atas sambungan telah mengandung tunas yang berdaun meskipun masih kuncup.

Video Cara sambung pucuk muda pada tanaman alpukat.


26 Comments on Cara Sambung Pucuk Muda pada Tanaman Alpukat

    • mbantu jawab, kuncinya ada pada kelembaban sambungan. coba sambungan di bungkus plastik sehingga udara luar tidak masuk kedalam, jika mungkin kedap udara. jangan dibuka-buka sebelum 1 bulan. insyaallah sambungan berhasil. itu pengalamankoe

  1. coba lagi mase, mulai dari yang mudah-mudah dulu yang batangnya masih lunak macam alpukat muda, adenium atau singkong yang masih muda. untuk hasil sambung alpukat muda ini nanti kita upload lagi,.

    • setelah berhasil menyambung alpukat kira-kira berapa tahun proses pertumbuhan mulai dari penyambungan sampai berbuah

      • mbantu jawab. dengan pemeliharaan yang baik, cukup matahari, cukup pupuk, biasangan usia 3,5 th sudah bisa dipaksa berbuah. dikatakan dipaksa, pohon dilukai seperti akan dicangkok lalu dibungkus plastik, pengalamankoe setelah luka tersambung alpukat mengeluarkan bunga. tapi jangan heran jika bunga pertama masih gugur. untuk musim bunga kedua, pohon biasanya sudah berbuah.

    • dua tanaman. Yang atas dari pohon yang sudah berbuah, bawahnya pohon bibit yang disemai dari biji. Untuk waktu sampai berbuah, mohon maaf sy tidak memiliki data.

    • Plastik tutup bs dbuka lbh cpt dr ikatan sambungan mas tgntung kondisi tanaman kl terlalu cept kdg jd layu, iktn smbungan kdg sktr 2 bulan.

  2. boleh ga ya entres dan bijiberasal dari pohon yang sama.sambungan saya sudah tinggi 60 cm.sudah bercabang banyak.tapi dulunya berasal dari pohon yg sama.istlhnya perkawinan sedarah.mau berbuah ga ya nanti

  3. Maksudnya bijinya itu dari satu pohon, trs entres utk sambung di ambil dr pohon induknya td, spt itu ya? Sy rasa tdk mengapa dan bs buah mbk.

  4. Mau nanya nih mas2 atau mbak2 yg sdh pengalaman. Plastik sungkup itu perlu diikat tdk sih dibawahnya ? Soalnya saya selalu gagal dlm menyambungnya ( catatan : saya selalu mengikat platik sungkup tsb)

  5. Sy sambung pucuk selalu sy ikat mas bawahnya, dan banyak berhasilnya. Yg sdh pernah mangga, alpukat, bougenvill, singkong karet, terong/tomat pkai diikat. Yg tidak diikat blm pernah coba sih jd ga bisa komen.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*