Daun Ijo

Ikuti

Di Balik Segarnya Air Legen Buah Siwalan

Bagikan

Bagi masyarakat Jawa Timur terutama di daerah utara, siwalan buah yang satu ini tentu tidak asing lagi. Air sadapannya sering dijadikan bahan minuman atau legen. Sementara daging buahnya dapat dijadikan pengganti kolang-kaling untuk minuman dawet atau es buah. Daunnya pada jaman dahulu dimanfaatkan untuk media tulis.

Adalah Kang Amin, pria dari Tuban ini berdagang siwalan sejak beberapa tahun. Aktivitas berdagang membuatnya berkeliling dari satu kota ke kota lain. Sebelum mencoba peruntungan di kawasan Boyolali, Kang Amin telah berkeliling ke pulau Bali. Kebetulan Kang Amin memiliki saudara di daerah Klaten, jadi selama berdagang di Boyolali, pulang ke tempat saudara di Klaten.

“Biasanya sih tidur juga di jalan mas, kalau di sini kebetulan ada saudara jadi pulang ke tempat Pakdhe”, tuturnya menceritakan aktivitasnya berpindah dari satu daerah ke daerah lain untuk berdagang siwalan. “Buah siwalan ini saya ambil dari Tuban”, tambahnya saat ditanya tentang buah siwalan dagangannya.

buah-siwalan

Di samping berjualan buah, kang Amin juga berjualan air sadapan atau nira dari pohon siwalan yang ditempatkan dalam botol-botol aqua. Nira siwalan ini enak diminum langsung atau dijadikan campuran untuk bikin es. Jika tidak ingin repot-repot dalam mengupas, buah siwalan yang sudah dikupaspun disediakan dalam plastik-plastik kecil. Satu plastik berisi tiga mata.

Pohon siwalan tumbuh dapat tumbuh tinggi hingga belasan meter. Banyak dijumpai di sekitaran pantai utara pulau jawa. Buah siwalan sebagaimana jenis palmae yang lain tumbuh dalam tandan bergerombol. Satu tandan bisa memuat belasan buah siwalan.

daging-buah-siwalan

Jika dibuka, bagian dalam siwalan nampak seperti gambar. Bagian dalamnya terdapat rongga kecil yang berisi air namun hanya sedikit. Daging buahnya mirip dengan kelapa muda namun lebih tebal. Teksturnya kenyal agak liat. Irisan daging buah siwalan banyak dijadikan bahan isian dawet, terutama di daerah timur.

Manfaat Buah Siwalan
Buah dan air siwalan dapat dikonsumsi langsung tanpa dimasak. Selain itu siwalan banyak dijadikan bahan aneka jenis minuman. Bagi kaum pria, legen siwalan dipercaya dapat menambah kesuburan.

Bagikan

Terkait

Latest