Daun Ijo

Ikuti

Memanfaatkan Bunga Pohon Pepaya Jantan daripada Ditebang

Bagikan

Cara memasak tumis bunga pepaya. Adakalanya pohon pepaya yang anda tanam tidak berbuah, hanya menampilkan kerajinannya berbunga itupun kecil-kecil dan tangkainya panjang-panjang. Itulah tanda-tanda pohon pepaya yang anda tanam berjenis jantan. Meskipun tidak berbuah, pohon pepaya jenis jantan ini pun tetap dapat dimanfaatkan.

Yang pertama jelas daunnya. Selain untuk sayur dan bahan jamu, daun pepaya bisa diambil untuk tambahan pakan hewan piaraan terutama jenis unggas seperti ayam dan itik. Caranya dengan diiris kecil-kecil dan dicampurkan bersama dedak bekatul. Pemberian tambahan daun pepaya pada makanan ayam buras atau ayam kampung berdasarkan pengalaman akan meningkatkan nafsu makan ayam.

Manfaat lain yang bisa diambil dari pepaya jantan ini adalah bunganya dapat dibuat sayur. Contohnya adalah sayur tumis. Caranya sama dengan tumis biasa, hanya bahannya dari bunga pepaya.

Bahan dan Bumbu yang diperlukan:
-bunga pepaya jantan
-ikan teri
-bawang putih dan bawang merah
-cabe rawit
-gula dan garam

Takaran untuk bahan-bahan di atas bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Jika ingin tumis yang super pedas, cabe rawit diperbanyak jumlahnya. Jika tidak suka rasa terlalu pedas, cabe rawit bisa diganti saja dengan cabe hijau saja yang diiris-iris.

Sebelum mulai memasak, pastikan bahan-bahan mentah dicuci dulu agar bersih.

Cara memasak tumis bunga pepaya jantan super pedas
Cabe rawit diuleg dulu sampai halus termasuk biji-bijinya agar tidak mengganjal di gigi, kemudian tambahkan bawang merah dan bawang putih juga diuleg jangan terlalu halus, agar terlihat teksturnya saat disajikan.

bunga-pepaya-jantan

Bunga pepaya yang sudah dicuci direbus dulu dengan air secukupnya. Biar tidak terasa pahit, tambahkan tanah liat pada air rebusan tadi. Setelah ditiriskan setelah dicuci lagi dengan air bersih agar tanah liatnya tidak ngikut.

Siapkan penggorengan yang dipanaskan dalam api sedang. Tumis bumbu ke dalam minyak yang sudah mendidih hingga berbau semerbak, ikan teri yang sudah matang masukkan ke dalam minyak dan dibolak-balik bersama bumbu.

Terakhir masukkan bunga pepaya dan tambahkan gula pasir dan garam sesuai selera. Bolak-balik sebentar dan tumis teri bunga pepaya super pedaspun siap dihidangkan.

Selain ikan teri, bisa juga ditambahkan tempe goreng yang dipotong irisan kecil-kecil, agar kandungan gizi sayurannya semakin lengkap.

Agar pepaya jantan yang anda tanam tidak tumbuh terlalu tinggi, anda bisa potong batangnya 1 meter atau 1,5 meter dari tanah. Bekas luka ini kemudian kita tutup dengan plastik. Lubang bekas potongan yang tidak ditutup jika kemasukan air akan menjadi sarang nyamuk. Dari potongan tadi akan tumbuh tunas-tunas baru yang nantinya juga akan segera berbunga lagi.

Bagikan

Terkait

Latest