Cara Sambung Susu pada Tanaman

Daunijo.com- Teknik melakukan  sambung susu pada tanaman. Berikut ini gambar foto cara teknik sambung susu pada tanaman, di sini digunakan tanaman alpukat sebagai contoh.  Teknik ini dapat diaplikasikan pada berbagai tanaman buah, seperti mangga, kelengkeng, nangka, jeruk, jambu dan tanaman buah lainnya.

Kelebihan teknik sambung susu dibandingkan dengan cara sambung pucuk diantaranya persentase kemungkinan berhasilnya proses penyambungan yang lebih besar karena batang atas yang disambung masih mendapatkan dukungan makanan dari pohon induk saat proses penyambungan. Selain itu pada sambung susu dapat dipilih batang atas yang sedang berbunga atau berbuah sehingga saat dilepas akan menghasilkan sambungan yang sudah ada buahnya.

Pemilihan Batang Atas
Batang atas dipilih dari pohon yang sudah pernah berbuah dan cabang yang sehat. Bisa dipilih dari cabang yang sedang berbuah namun belum begitu besar.
target-batang-atas

Pemilihan Batang Bawah
Persiapkan batang bawah dari bibit yang ditanam dari biji sehingga memiliki perakaran yang kuat, besarnya batang bawah kurang lebih sama dengan batang atas yang akan disambung susu.

batang-bawah-sambung-susu

Proses Penyambungan
Sayat batang bawah kurang lebih separuh bagian batang, demikian juga dengan batang atasnya. Gunakan pisau yang bersih dan tajam, hati-hati agar tangan tidak terluka.

sayatan-batang-atas-bawah
Segera tempelkan batang bawah ke batang atas dengan ujung batang bawah disisipkan ke sayatan sisa dari batang atas, seperti gambar berikut. Penundaan penempelan dapat mengakibatkan permukaan sayatan menjadi kering dapat menggagalkan hasil penyambungan. Tampak sayatan batang bawah ujungnya dijepit belahan batang atas.

penyambungan-batang-atas

Ikat dengan tali plastik agar sayatan kedua batang menempel sempurna, jika tidak ada dapat gunakan tali rafia yang tipis.

tali-sambung
Setelah seluruh bagian sambungan terbungkus ikatan tali dengan baik, kencangkan ikatan tali.
hasil-penyambungan

Proses sambung susu telah selesai, jangan lupa tetap menyiram polibag batang bawah secara berkala agar tidak kekeringan.

sambung-susu

Jika media tanaman batang bawah cukup berat, tambahkan tiang penyokong agar sambungan tidak patah. Jika sambungan berhasil maka akan diperoleh tanaman yang langsung ada buahnya, meskipun sifatnya hanya sementara.

Hasil sambung susu pada tanaman kelengkeng dapat dilihat pada artikel berikut, “Hasil Sambung susu kelengkeng“.

 

One thought on “Cara Sambung Susu pada Tanaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *