Hasil Sambung Susu pada Bougenville yang Bercabang Kecil

Sekitar tiga bulan yang lalu daunijo. com melakukan sambung susu pada cabang tanaman bunga kertas alias bougenville. Hari ini tepatnya 87 hari sejak penyambungan dilakukan ikatan tali dicoba untuk dilepas. Cabang bougenville yang disambung berukuran cukup kecil, hanya sekitar dua kali dari ukuran lidi daun kelapa.

Proses sambung dan kesuburan tanaman
Dibandingkan sambung susu pada tanaman kelengkeng yang juga dipraktekkan, sambung susu pada bougenville ini relatif lebih lama dapat menyatu. Kemungkinan kesuburan tanaman yang disambungkan sangat mempengaruhi kecepatan penyatuan permukaan sambungan.

Bougenville yang disambung ditanam dalam pot dengan media terbatas dan sudah cukup lama tidak diganti medianya. Demikian juga tanaman yang disusu, hanya tumbuh dalam polibag kecil dan nampak kurang begitu subur. Tanaman yang tumbuh subur akan lebih cepat jadi sambung susunya.

Membuka Ikatan Sambungan
Sebelum dilepas total, ada baiknya bagian bawah dan bagian atas sabungan diikat dulu dengan tali. Tali-tali ini untuk menjaga agar sambungan yang sudah menyatu tidak terlepas lagi karena mungkin belum cukup kuat.

sambung-susu-bugenfil-cabang-kecil

Sementara itu untuk mulai melepaskan penyusuan, juga baik jika dilakukan secara bertahap. Tahap awal cabang dipotong dulu kira-kira setengah atau tigaperempat dari bagian diameter cabang. Baru kemudian satu atau dua minggu kemudian dapat dipotong total.

membuka-ikatan-tali-bougenville

Kini bougenville anda telah memiliki variasi dua warna, warna daun sekaligus warna bunganya. Dengan cara yang sama dapat ditambahkan pada cabang-cabang lain dengan variasi warna bunga yang berbeda.

turun-sambung-bogenville

Sambung Pucuk lebih cepat
Dibandingkan dengan cara sambung pucuk, sambung susu pada bunga bougenville ini memang agak lama diperoleh hasilnya. Karena itu, banyak orang lebih memilih metode sambung pucuk atau sisip samping untuk memperoleh variasi aneka bunga pada tanaman ini. Selain lebih cepat, kuantitasnyapun dapat lebih banyak dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *