Lele dalam Drum Perlu Tempat yang Lebih Hangat

Dua buah kolam lele dari drum yang dibuat satu drum diletakkan ditempat yang mendapat sinar matahari lebih. Sementara itu satu drum lagi ditempatkan di lokasi yang lebih terlindung dari sinar matahari. Apakah terjadi perbedaan yang signifikan?

Lele di kolam panas lebih agresif makan
Dari pengamatan terbatas dari dua buah kolam tong drum ini, lele yang berada di tempat dengan paparan sinar matahari lebih, terlihat lebih agresif saat diberi pakan. Jumah lele dan usia tebar lele dalam kedua drum ini sama. Pada lele dengan paparan sinar lebih tinggi, jumlah lele yang menonjol tumbuh besar lebih banyak dibandingkan lele-lele yang berada di tempat lebih teduh. Nampaknya jumlah intensitas sinar matahari cukup berpengaruh pada pertumbuhan ikan. Air kolam dengan paparan sinar lebih di siang hari kemungkinan lebih hangat pada waktu malam dibandingakan air kolam yang berada di lokasi teduh. Di bandingkan tanah atau zat padat air memang dikenal lebih lambat dalam menyerap panas, namun juga lebih lama menyimpannya.

Dipindahkan ke tempat yang lebih hangat
Berangkat dari pengamatan di atas, akhirnya drum lele di tempat yang teduh dipindahkan ke area yang lebih panas di samping rumah. Meskipun panas yang diterima juga hanya kisaran setengah hari, namun jauh lebih banyak dari lokasi semula. Diharapkan dengan lokasi yang baru lele-lele dalam tong dapat tumbuh lebih optimal.

lele-drum-tempat-panas

Untuk mensiasati panas yang terlalu terik pada siang hari, volume air dalam drum dapat dibuat maksimal lebih tinggi. Air yang terlalu dangkal tentunya akan membuat lele kepanasan pada siang terik. Karena air maksimal tinggi mendekati bibir atas drum, perlu juga diberikan tambahan penutup agar lele tidak meloncat keluar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *