Sambung Euphorbia Milli dan Euphorbia Neriifolia Inilah Contohnya

Hasil sambung antara euphorbia milli sebagai batang atas dan euphorbia neriifolia sebagai batang bawah jika dirawat dengan baik akan menghasilkan profile tanaman yang kompak. Idealnya batang bawah yang digunakan berukuran batang dengan diameter 5 cm atau lebih dan telah memiliki ketinggian dan kerimbunan cabang yang cukup. Batang bawah yang terlalu pendek membuat tanaman hasil sambung tampil tidak maksimal. Seperti contoh hasil sambungan yang kurang terpelihara berikut ini.

Posisi sambung terlalu pendek
Batang atas euphorbia milli warna bunga merah disambung dengan sesuru sebagai batang bawah. Pengambilan bawahan nampaknya langsung pada batang utama dan berada pada posisi yang terlalu pendek.

Tunas baru yang keluar dari batang bawah yang seharusnya juga dilakukan pemangkasan. Tunas baru yang tumbuh dari batang bawah ini membuat hasil sambungan di atas tumbuh tidak maksimal.

Baiknya saat penyambungan tanaman sesuru ini dicari yang tinggi dengan cabang yang cukup banyak dan grafting dilakukan pada cabang-cabang ini.

contoh-sambung-euphorbia
Tunas batang bawah tumbuh tepat di bagian kiri-kanan bawah sambungan sehingga entres atas yang sudah hidup terjepit dan kurang berkembang.

Hasil sambungan meminimalkan duri pada euphorbia
Batang bawah euphorbia neriifolia yang cukup besar dan tua tidak akan memiliki duri lagi. Inilah mengapa jenis euphorbia ini banyak dijadikan pilihan untuk batang bawah. Selain mampu tumbuh tinggi besar dan rimbun, bagian bawah tanaman tidak berduri sehingga lebih aman dan nyaman berada di tengah koleksi tanaman anda.

euphorbia-tanpa-duri

Bunga dapat berwarna-warni
Sambung pucuk pada euphorbia selain dapat meminimalkan durinya juga dapat menambah variasi warna tanpa proses penyilangan. Untuk mendapatkan euphorbia bunga warna-warni yang disatukan dalam satu pohon perlu dipilih tanaman sesuru yang telah memiliki percabangan dalam jumlah yang banyak. Pada cabang-cabang ini, entres atas dari aneka jenis warna euphorbia dapat disambungakan hingga menghasilkan variasi warna sebagaimana lazim pada bunga bougenfil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *