Ontel Bunga Tanaman Sukun untuk Pengusir Nyamuk

daunijo.com- Sejak jaman dahulu banyak orang telah menggunakan bunga tanaman sukun untuk keperluan pengusir nyamuk. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan membakar ujung bunga sukun yang telah kering hingga membara dan mengeluarkan asap persis sebagaimana obat nyamuk bakar jaman sekarang. Asap yang keluar dari bunga sukun inilah yang tidak disukai oleh nyamuk sehingga pergi menjauh.

Tanaman sukun (artocarpus communis) yang tumbuh baik dapat mencapai tinggi pohon hingga belasan meter. Tanaman ini memiliki cara perkembangbiakkan yang cukup unik, yaitu dengan tunas adventif yang keluar dari bagian akar tanaman. Dari akarnya yang dapat membentang hingga belasan meter dari pohon akan tumbuh tunas baru. Dari tunas-tunas akar inilah tanaman sukun dikembangbiakkan.

Buah tanaman sukun ini dapat dijadikan sukun rebus, sukun goreng hingga keripik sukun. Sementara itu kayu sukun banyak dijadikan alternatif untuk kayu pembuatan aneka meubel rumah tangga hingga usuk atau reng atap rumah. Jika anda memiliki ternak kambing, daun sukun ini termasuk pakan alternatif yang dapat dimakan kambing.

Penggunaan tanaman bunga sukun untuk obat nyamuk bakar tentunya bukan tidak menimbulkan komplain. Asap yang dihasilkan meskipun tidak seberapa dibandingkan asap pabrik akan menyumbang bertambahnya polusi udara yang memperburuk kualitas lingkungan.  Banyak penelitian yang sudah dilakukan untuk menghindarkan hal ini dan kini banyak orang mulai menggunakan bunga sukun untuk refill obat nyamuk elektrik yang tidak menimbulkan asap namun tetap efektif dalam mengusir nyamuk.

tanaman-sukun-dewasa

Bunga Sukun Jantan untuk refill Obat Nyamuk Elektrik
Untuk menggunakan bunga sukun sebagai bahan pengisi obat nyamuk elektrik caranya sebagai berikut. Bunga sukun atau ontel akan jatuh sendiri dari pohonnya setelah beberapa hari jadi tidak perlu dipanjat karena pohon sukun ini rata-rata besar dan tinggi. Bunga-bunga sukun ini kemudian dikumpulkan dijemur hingga kering.

ontel-bunga-sukun

Setelah kering bunga sukun ditumbuk atau digiling hingga lembut. Proses ini dapat dilakukan dengan menggunakan lumpang atau diblender saja.

Setelah halus, serbuk bunga sukun kemudian dibungkus dengan kertas tisu. Lipat tisu dengan besar seukuran plat refill obat nyamuk elektrik yang biasa anda gunakan.

Sebelum digunakan, serbuk refill dari bunga sukun ini perlu dilembabkan terlebih dahulu dengan cara ditetesi dengan air secukupnya saja tidak perlu terlalu basah.

Cara perkembangbiakan tanaman sukun
Tanaman sukun ini buahnya tidak memiliki biji. Jika anda ingin menanam pohon ini, perkembangbiakan sukun selain dengan tunas adventif yang keluar dari akarnya dapat juga dilakukan dengan cara lain seperti mencangkok, setek batang, setek akar. Untuk produksi bibit dalam jumlah massal dapat dilakukan dengan proses canggih kultur jaringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *