Perkembangan 30 Hari Budidaya Lele Dalam Tong Drum

daunijo.com_ Tidak terasa umur lele yang dipelihara dalam drum plastik telah berusia satu bulan atau 30 hari sejak ditebarnya benih. Sejauh ini tidak ada ikan lele yang terlihat mati atau terkena penyakit. Pagi ini kolam lele tong drum dikuras habis airnya untuk melihat seberapa besar perkembangan ikan-ikan di dalamnya. Sekaligus melakukan pengukuran panjang dan bobot lele rata-rata.

Aplikasi dan Dosis Probiotik pada Pakan Lele
Untuk menambah dan menjaga nafsu makan ikan dan pencegahan dari penyakit, ikan-ikan lele dalam tong ini diberikan pakan yang dicampur dengan stimulan. Cairan stimulan yang dilarutkan dalam air kemudian digunakan untuk membasahi pelet sebelum diberikan kepada ikan. Stimulan ini selain mengandung bakteri lactobacillus dan beberapa mikroorganisme lain yang bermanfaat bagi perkembangan ikan juga mengandung vitamin C. Probiotik untuk ikan ini dapat anda peroleh di toko-toko ikan atau ternak dengan beragam pilihan.

Pemberian cairan stimulan ini dicampurkan dengan pelet setiap kali pemberian pakan. Stimulan dengan cairan yang mengandung mikroorganisme dan vitamin ini diharapkan dapat memicu pertumbuhan ikan dan meningkatkan kekebalan tubuh ikan dari paparan penyakit. Selain itu juga untuk meminimalkan proses penggantian air, karena kotoran dari ikan diurai oleh mikroorganisme yang ada di dalamnya sehingga kualitas air lebih terjaga.

Adapun dosis atau ukuran probiotik yang digunakan untuk pakan, sebagai perbandingan saja dari sebuah merk, satu tutup botol cairan probiotik dicampur dengan 200 ml air kemudian dicampurkan pada 2 kg pakan atau pelet.

lele-tong-plastik-satu-bulan

Panjang dan bobot lele usia satu bulan
Dari pengukuran beberapa sampel lele yang berusia satu bulan ini diperoleh hasil panjang lele di kisaran 10 cm hingga yang terpanjang mencapai 12 cm. Saat ditebarkan, bibit-bibit ini baru berukuran sekitar 4 cm hingga 5 centimeter. Terjadi penambahan panjang hingga lima atau enam centimeter dalam waktu satu bulan.
lele-drum-usia-30-hari

Pertumbuhan lele nampak tidak seragam, beberapa ikan lele terlihat memiliki ukuran yang menonjol dibanding lele-lele yang lain. Saat dilakukan penimbangan, bobotnya mencapai 20 gram dengan panjang tubuh 12 cm. Lele-lele yang lain rata-rata baru memiliki bobot 10 hingga 15 gram masih jauh dari ukuran konsumsi.

Penggantian Air dan Ketinggian
Pergantian air masih dilakukan secara minimal. Hingga hari ke 30 ini tidak terlihat nafsu makan ikan yang menurun akibat kualitas air yang buruk. Nampaknya aplikasi probotik yang diberikan cukup dapat memberikan efek positif terhadap kualitas air sehingga tidak cepat berbau. Ketinggian air mulai beberapa minggu terakhir diberikan pada level tiga perempat dari panjang diameter drum plastik.

ganti-air-lele-drum-satu-bulan

Perbaikan Kolam
Untuk menjaga agar daun-daun yang jatuh dari tanaman di sekitarnya masuk ke air kolam juga agar ikan tidak melompat keluar, ditambahkan kawat strimin di penutup atas drum. Daun-daun yang masuk ke kolam dapat menurunkan kualitas air, sehingga perlu dihindarkan. Selain penambahan kawat strimin sebagai penutup kolam, pada lubang pembuangan bagian dalam ditambahkan tutup berlubang yang mencegah ikan-ikan lele ikut keluar saat dilakukan pengurasan air kolam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *