Membenihkan dan Menyemai Tanaman Adenium dari Biji

daunijo.com_ Cara pembenihan dan penyemaian adenium. Bunga adenium termasuk salah satu jenis bunga yang memiliki banyak penggemar di masyarakat, karena itu mudah ditemui di koleksi tanaman hias di pekarangan pribadi ataupun nursery kios tanaman. Selain dengan cara setek batang, perkembangbiakan tanaman bunga adenium ini dapat pula dilakukan dengan menggunakan bijinya.

Telah umum diketahui bahwa adenium yang tumbuh dari penyemaian biji ini memiliki kelebihan dibanding tanaman dari hasil setek. Kelebihannya yaitu bonggol tanaman dapat menggelembung lebih besar, sementara pokok tanaman hasil setek cenderung datar dan hanya menggelembung sedikit di bagian perakaran. Karena itulah meskipun lebih lama berbunga, perbanyakan tanaman adenium dari biji ini tetap banyak menjadi pilihan.

Berikut ini foto-foto dokumentasi dari pembenihan adenium melalui penyemaian biji. Bunga adenium yang tidak gugur dan berhasil penyerbukannya akan berubah menjadi buah berbiji.

Penyerbukan ini dapat terjadi secara alami atau dengan campur tangan manusia. Bentuknya menyerupai dua buah tanduk yang berpolong dengan biji-biji tumbuh di dalamnya.

buah-adenium

Jika anda telah melakukan proses penyerbukan adenium buatan atau kawin silang bunga adenium ini dengan jenis lain sebelumya, kini saatnya untuk melihat apakah ada variasi-variasi jenis baru yang akan muncul. Variasi dapat dilihat dari perbedaan bentuk atau corak daun dan juga warna-warni bunganya. Tentunya memerlukan waktu untuk dapat melihat hasilnya.

biji-adenium-siap-panen

Bunga adenium yang siap di panen ditandai dengan kulit buah yang mengering dan terbuka di bagian atas polong memanjang. Tampak biji-biji berada di bagian dalam masih menyatu dengan bulu-bulu alat terbangnya.

biji-adenium

Gambar sebelah kiri adalah biji adenium yang sudah diambil, nampak masih bercampur dengan sisa-sisa bagian buah yang lain dan perlu dibersihkan. Biji-biji yang sudah dibersihkan berbentuk bulir tabung memanjang dengan ujung-ujung yang datar nampak di gambar sebelah kanan. Tidak semua biji ini berkualitas bagus sehingga tidak semua biji dapat tumbuh saat disemai nanti. Biji-biji yang terlihat kopong atau kosong tidak berisi bisa dibuang saja.

Proses Pembibitan Biji Adenium

semai-biji-adenium

Benih adenium satu hari setelah penyemaian. Ukuran biji adenium yang lumayan besar membuatnya bisa ditanam dengan rapih. Posisi biji saat penyemaian sebaiknya direbahkan saja, karena salah satu ujung biji akan menjadi tempat keluarnya akar. Jika diposisikan vertikal dan terbalik, akar akan kesulitan mencapai tanah dan akhirnya malah mengering. Timbun dengan tanah tipis atau sekam bakar untuk menjaga kelembaban biji. Jangan lupa untuk siram media semai pagi dan sore.

biji-adenium-tumbuh-berkecambah

Benih adenium mulai tumbuh setelah hari ke sembilan. Biji-biji yang sehat akan mampu mengangkat dan menerobos keluar dari lapisan tanah tipis atau sekam di atasnya. Agar pertumbuhan tanaman sehat dan kuat, tempatkan di sinar matahari meskipun tidak sepanjang hari.

bibit-adenium-siap-tanam

Tinggal menunggu bibit-bibit ini tumbuh besar sambil menyiapkan media tanam untuk bayi-bayi tanaman adenium anda yang baru. Syukur-syukur penyilangan bunga adenium anda berhasil dengan baik sehingga dapat melihat adanya variasi warna bunga-bunga yang baru, tentunya harus menunggu beberapa bulan ke depan.

2 thoughts on “Membenihkan dan Menyemai Tanaman Adenium dari Biji

  1. Muhammad junaidi

    Cara menyerbukannya bunga ini gimana ya ???
    Setiap kali Saya coba hasilnya mudah layu …
    Apakah Ada cara khusus …??
    Makasih atas perhatiannya

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *