Daun Ijo

Ikuti

Wadah Pakan Ayam Kampung dari Bambu Begini Bentuknya

oleh daunijo

Bagikan

daunijo.com_ Membuat wadah pakan ayam alternatif dari bambu. Selain wadah pakan buatan pabrik yang biasa berbentuk kerucut terpenggal, wadah tempat pakan ayam kampung dapat dibuat sendiri dari batang bambu. Wadah pakan ini dapat ditempatkan langsung di tanah untuk ayam kampung umbaran atau diletakkan di dalam kandang ayam.

Potong bambu dengan panjang satu atau dua meter. Di tiap ujung sisi bambu dipotong di sisi luar ruasnya beberapa centi agar wadah pakan nantinya tidak berlubang. Bambu yang telah dipotong kemudian digergaji di kedua sisinya beberapa centimeter di sebelah dalam ruas. Dengan parang dan pemukul sisi atas bambu kemudian dibuka. Bersihkan dan haluskan permukaan bambu agar hilang sisi tajamnya.

Agar wadah pakan tidak terguling, berikan kaki di kedua ujung bambu. Potongan kayu dipakukan pada tiap ujung bambu dengan posisi tegak lurus masing-masing dua paku agar kayu tidak berubah posisi. Wadah pakan dari bambu siap digunakan.

tabung-bambu

Untuk ternak ayam dalam jumlah banyak, bisa dibuat beberapa wadah pakan seperti ini yang ditempatkan terpisah menyebar agar ayam tidak saling berdesakan saat diberi pakan.

wadah-pakan-bambu-jadi

Kelemahan Wadah Pakan Bambu
Wadah bambu yang terbuka sering kali kemasukan kotoran ayam atau debu dan tanah. Untuk itu setiap kali pemberian pakan wadah harus dibersihkan agar makanan ayam tidak tercampur kotoran. Bambu dapat dibalik kemudian dihentak-hentakkan ke tanah sampai kotoran keluar dari dalam.

pakan-ayam-bambu-in-action

Agar kotoran tidak mudah masuk, tempat pakan bisa dimodifikasi dengan diberi kaki setinggi belasan centimeter dikedua ujungnya. Tentunya untuk ayam dewasa, ayam yang masih kecil tidak bisa menjangkau.

Bagikan

Terkait

Latest