Memanfaatkan Ampas Daun Teh Sisa Seduh untuk Tanaman

daunijo.com- Bagi anda pecinta minuman teh dan sering membuatnya sendiri di rumah, tentunya tidak asing lagi dengan daun atau ranting teh sisa seduh. Sisa daun atau ranting teh ini dapat dijadikan bahan pembuatan kompos. Selain untuk pupuk kompos ampas teh ini dapat  langsung diaplikasikan sebagai toping atau lapisan penutup pada media tanam dalam pot tanaman.  Sejauh yang pernah dipraktekkan secara pribadi, toping media tanam dengan teh ini baik untuk tanaman semisal seledri atau daun sop. Seledri dengan tambahan toping dari sisa daun teh ini terlihat lebih subur dibandingkan tanaman seledri tanpa toping.

Sampah Reguler Dapur
Hampir setiap hari dari dapur akan diproduksi limbah teh terutama jenis teh tubruk. Apalagi jika di rumah sedang ada acara atau hajatan dengan suguhan minuman teh. Setelah air rendaman daun tehnya diambil akan tersisa ampas dari cem-ceman teh ini berupa daun atau ranting-ranting halus.

Untuk Toping Media Tanam
Sisa ampas teh ini dapat ditaburkan secara merata hingga seluruh permukaan media tertutup. Jika sisa teh yang dimiliki hanya sedikit, toping teh bisa dilakukan secara bertahap. Secara alami daun-daun teh sisa ini akan berubah menjadi pupuk yang dapat menjadi tambahan unsur yang diserap tanaman.

Selain itu toping dari teh ini akan ikut menjaga kelembaban media tanam sehingga media tanam tidak terlalu cepat kering.

ampas-teh-untuk-toping-media-tanam

Gulma atau tanaman pengganggu yang sering tumbuh dalam pot juga menjadi jauh berkurang banyak dengan adanya lapisan ampas teh ini.

Agar toping dari teh sisa ini tidak ditumbuhi jamur, pot tanaman yang diberi toping dipilih yang berada dalam paparan sinar matahari. Toping teh tidak dianjurkan pada tanaman yang berada di tempat teduh, karena seringkali akan ditumbuhi jamur-jamur berwarna putih.

toping-ampas-teh-pada-seledri
Lapisan penutup media dengan ampas teh pada tanaman seledri.

Jika anda lebih menggemari teh celup daripada teh tubruk, maka sisa seduh teh celup ini dapat pula dijadikan toping. Tentunya setelah dibuka bungkusnya dan diambil hanya ampas tehnya saja.

Ampas Teh Volume Besar?
Di mana anda dapat memperoleh ampas teh dalam volume cukup banyak dengan mudah? Salah satu tempat yang rutin memproduksi ampas teh ini adalah warung angkringan. Bapak-bapak pemilik angkringan tempat sering mangkal bercerita sering dipesanin sampah teh ini agar disimpan, oleh pemesannya akan dibuat pupuk tanaman. Kalau tidak ada yang pesan ampas-ampas teh ini seringnya ya terbuang begitu saja.

Di jalan-jalan utama daerah Solo, Klaten atau Jogja  banyak warung-warung angkringan ini bertebaran di tepi jalan. Di tempat-tempat yang cukup ramai bahkan dengan jarak ratusan meter saja satu sama lain. Warung-warung angkringan ini memang fanatik dengan teh tubruk sebagai ciri khasnya. Banyak juga ampas tehnya jika dikumpulkan.

6 thoughts on “Memanfaatkan Ampas Daun Teh Sisa Seduh untuk Tanaman

  1. Khafd

    Ditempat saya ada pabrik pengolahan minuman teh, dan menghasilkan limbah teh sekali pakai. Apakah ada yang membutuhkan?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *