Macam Jenis Hewan Peliharaan yang Disukai Anak-anak

Selain kesukaannya pada mainan, banyak anak-anak kecil juga menyukai hewan-hewan peliharaan. Jika anda berminat untuk memelihar hewan peliharaan untuk anak anda, berikut ini beberapa jenis hewan yang biasa disukai oleh anak-anak.

1. Ikan hias
Ikan hias disukai karena warna dan penampilannya yang indah. Beragam ikan ditampilkan dalam akuarium sebagai hiasan. Ikan mas merah, ikan nila banyak dijual dalam kantong-kantong plastik dengan harga murah. Konsumennya biasanya anak-anak kecil untuk dipelihara di rumah. Sementara itu ikan arwana, ikan koi atau ikan louhan memiliki kelasnya sendiri dengan harga yang lumayan mahal. Selain ikan-ikan tadi, ikan cupang menjadi salah satu kegemaran anak-anak. Tempatkan ikan di akuarium khusus atau wadah yang dapat menampung air dalam jumlah besar. Ikan yang hanya ditempatkan dalam toples atau botol aqua ujung-ujungnya akan mati lemas kekurangan oksigen.

2. Hamster
Hewan dengan penampilan mirip tikus atau kelinci ini dapat dipelihara dalam kandang kecil lengkap dengan mainan yang dapat berputar. Selain di kandang, hamster dapat ditempatkan dalam bak-bak kecil yang diberi serbuk kayu sebagai alasnya.

3. Kelinci
Meskipun sedikit merepotkan, memiliki kelinci memang menyenangkan bagi anak-anak. Ritual memberi makan rumuput atau dedaunan memberikan keasyikan tersendiri bagi anak-anak. Saat ini banyak dijualbelikan aneka jenis kelinci hias seperti kelinci anggora, juga kelinci australia.

Agar kelinci yang baru dibeli tidak cepat mati, belilah kelinci yang telah berusia di atas 3 bulan. Kelinci yang masih kecil usia dibawah dua bulan seharusnya masih menyusu pada induknya, namun sudah banyak diperjualbelikan. Jika anda membeli kelinci usia ini, maka besar kemungkinan tidak akan dapat bertahan hidup lama.

kelinci-lokal

4. Kucing
Memelihara kucing umumnya tidak diberikan kandang khusus kecuali kucing-kucing jenis tertentu yang memiliki harga mahal. Kucing dibiarkan berkeliaran di sekitar rumah dan dapat bermain-main bebas dengan anak. Satu hal yang agak menjengkelkan dari kucing. Jika tidak diberi tempat khusus, maka kotoran dan kencingnya dapat bertebaran disekeliling rumah menimbulkan bau yang tidak sedap. Jika hujan turun lebat, kucing bahkan tidak segan-segan buang kotoran di dalam rumah terutama di kamar mandi.

Tempatkan bak berisi pasir kering atau tanah kering di luar rumah agar kucing tidak buang kotoran sembarangan. Selain itu beri tempat khusus untuk makannya, jangan dicampur dengan wadah yang digunakan untuk manusia.

5. Marmut
Marmut memiliki bentuk mirip hamster, dengan ukuran badan yang lebih besar. Saat ini banyak jenis-jenis marmut hias yang diperjual belikan. Terkadang harganya sama atau bahkan lebih mahal dari kelinci hias.

Demikian beberapa hewan yang banyak disukai anak-anak. Apapun jenis hewan yang dipelihara, satu hal penting adalah menjaga kebersihan hewan dan kandang, agar kesehatan hewan peliharaan dan juga anak-anak tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *