Media Tanam Akuaponik Arang Sekam Vs Pecahan Genting

Dari beberapa praktek yang dilakukan pada akuaponik sistem air mengalir dalam DFT dengan media uji arang sekam dan pecahan genting rumah, dapat disimpulkan beberapa catatan sebagai berikut.

Arang Sekam sebagai Media Tanam
Pada netpot gelas dengan rangkaian saluran pipa panjang, kinerja arang sekam tampak lebih baik dibandingkan pecahan genting. Hal ini terutama pada kecepatan adaptasi tanaman terhadap lingkungan akuaponik. Tanaman yang diletakkan pada media arang sekam lebih cepat beradaptasi dan lebih cepat tumbuh.Ini tidak lepas dari kapilaritas susunan arang yang lebih bagus dibandingkan susunan pecahan genting.

Hal ini terutama terlihat pada tanaman yang dipindahkan dari persemaian di tempat lain ke media tanam akuaponik.

Pada lingkungan yang udara dan aliran air yang sama, pecahan genting lebih cepat ditumbuhi lumut. Sedangkan pada media arang sekam tidak ditemukan adanya pertumbuhan lumut.

Arang sekam optimal hanya satu atau dua kali pakai untuk dijadikan media tanam, sementara kerikil atau pecahan genting dapat dicuci ulang untuk kemudian digunakan lagi pada musim tanam berikutnya.

Kelemahan utama arang sekam adalah bentuk partikelnya yang cukup kecil. Jika lubang netpot yang dibuat cukup besar, banyak kemungkinan media ini akan jatuh keluar dari netpot. Sementara jika lubang netpot dibuat kecil-kecil, untuk penanaman dalam masa agak lama lubang-lubang ini mudah tertutup oleh lumut dan endapat lumpur kolam hingga aliran air ke dalam media terganggu. Hal iniĀ  tidak terjadi pada media pecahan genting. Lubang yang besar tidak banyak membuat media jatuh keluar netpot dan air tetap dapat keluar masuk netpot dengan lancar.

Volume Berkurang

Arang sekam pada wadah tanam dengan lubang besar akan banyak mengalami penurunan volume karena terikut dengan aliran air. Sementara untuk media pecahan genting, volume media tanam relatif tetap tidak mengalami penurunan. Karena sifatnya ini, kerikil atau pecahan genting cocok digunakan untuk akuaponik sistem siram atas dibandingkan arang sekam yang akan turun medianya jika terus menerus mendapat siraman air dari atas.

Kelebihan pecahan genting adalah tidak perlu membeli. Arang sekam selain repot untuk menyiapkannya juga harus membeli jika tidak dimiliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *