Perkembangan Lele Umur Dua Bulan dalam Kolam Drum

Hari ini dua bulan sudah pemeliharaan ikan lele yang dibudidayakan dalam tong drum. Sekitar 60 hari yang lalu ikan lele mulai ditebarkan dengan panjang benih bibit awal sekitar 4 atau 5 cm. Proses sortir ikan lele dengan panjang kepala sekitar 2 cm telah dilakukan beberapa hari sebelumnya, hingga jumlah dalam tong sekarang kurang dari 200 ekor karena yang kecil-kecil disatukan dalam tempat berbeda. Satu hal yang mencolok setelah usia ikan lele dua bulanan ini adalah kualitas air yang demikian cepat menurun.

Tiga atau Empat Hari

Jika pada periode awal pemeliharaan sebelumnya air terlihat memburuk kualitasnya dalam waktu 10 hingga 7 hari, akhir-akhir ini terjadi perubahan yang cukup drastis. Dengan kondisi air total bersih pada hari pertama penggantian, hari ketiga atau keempat kualitas air terlihat sudah memburuk. Indikasinya ikan-ikan lele menjadi enggan makan dan berkumpul menggantung malas-malasan di bawah permukaan air.

lele-menggantung-dalam-drum

Hal ini tentu dapat dimaklumi, karena seiring besarnya ikan jumlah konsumsi pakan dan juga kotoran yang masuk ke air semakin banyak.  Padat tebar yang tinggi dan terbatasnya air juga mempengaruhi. Meskipun sudah diaplikasikan cara-cara dengan melibatkan probiotik tambahan agar kualitas air bertahan lebih lama, nampaknya tidak begitu menolong. Mungkin masih ada yang terlewatkan dari proses cara pemberian probotik ini sehingga nampak tidak begitu berhasil.

Jika sudah seperti ini, pergantian air harus segera dilakukan, entah sebagian ataupun total. Setelah pergantian atau penambahan air yang segar, beberapa jam kemudian ikan sudah mulai makan kembali dengan normal.

Bersih dari Penyakit

Saat dilakukan penggantian air total, secara umum ikan lele dalam drum ini terlihat berada kondisi yang sehat. Tidak terlihat tanda jamur pada kulit ikan, benjol-benjol pada kepala atau tanda-tanda penyakit yang lain. Penggantian air yang relatif sering nampaknya sangat berpengaruh pada kesehatan ikan ini.

lele-umur-2-bulan-drum

Dengan perlakuan yang sama, menu dan pola makan yang sama juga hanya minus pada pergantian air yang sering, kondisi tanda penyakit ditemukan pada kolam yang menggunakan terpal. Air pada kolam terpal dalam waktu dua bulan baru sekali dilakukan pergantian total dan hanya beberapa kali dilakukan penambahan volum air. Sebagian ikan pada kolam terpal terlihat berada dalam kondisi perut kembung, atau muncul-muncul benjolan pada kepala. Ikan yang seperti itu biasanya beberapa hari kemudian akan mati.

Boros Air?

Pergantian atau isi ulang air yang relatif sering pada kolam drum mengesankan pemborosan air. Namun setidaknya, air limbah buangan ini masih tetap dimanfaatkan untuk keperluan yang berguna, yaitu pengairan tanaman di sepanjang jalur aliran air. Tidak terbuang sia-sia.

Bobot dan Panjang Ikan Lele Usia Dua Bulan

Saat dilakukan penimbangan dan pengukuran sampel, dari sepuluh ikan yang diambil baru diperoleh bobot massa sekitar 600 gram. Masih jauh dari ukuran konsumsi jual, meskipun untuk lauk konsumsi di rumah terlihat sudah cukup memadai. Satu orang dengan lauk dua ekor ikan. Idealnya memang sebagian ikan mulai dikonsumsi untuk mengurangi kepadatan kolam drum.

lele-umur-60-hari-dalam-tong

Untuk panjangnya ikan lele usia 60 hari ini berkisar 20 atau 21 cm. Tentunya masih banyak ikan yang berukuran lebih kecil dari sampel yang diukur, karena yang diambil untuk ditimbang dipilih yang besar-besar.

One thought on “Perkembangan Lele Umur Dua Bulan dalam Kolam Drum

  1. huda

    terimakasih, sangat informatif, syukur2 info perkembangannya selalu di publish, saya akan selalu menyimak karena pengen mencoba.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *